Internasional

Bos Mafia Italia Rocco Kabur dari Penjara

JAKARTA, SENAYANPOS.com – Bos Mafia Italia, Rocco Morabito dilaporkan kabur dari penjara di Montevideo, Uruguay. Pria yang mendapat julukan “Raja Kokaina Milan” itu ditahan di Montevideo sementara dia menunggu ekstradisinya ke Italia.

Dilansir AFP, Senin (24/6/2019), Morabito kabur bersama tiga narapidana lainnya. Keempatnya kabur melalui lubang di atap gedung pada Minggu (23/6) malam.

Usai berhasil kabur, Kementerian Uruguay mengatakan Morabito kemudian merampok rumah pertanian terdekat.

Dalam pernyataannya, Kementerian Uruguay menuliskan Morabito, tokoh penting Ndrangheta yang ditangkap di Uruguay pada 2017 setelah puluhan tahun dalam pelarian, sedang menunggu ekstradisi untuk ‘perdagangan narkoba internasional’.

Seperti diketahui, kelompok ‘Ndrangheta mengendalikan sejumlah perdagangan kokain dunia dan polisi mengatakan Morabito berada di balik penyelundupan ratusan kilo kokain dari Brasil ke Italia sepanjang tahun 1992 hingga 1993. Dia diperkirakan tiba di Uruguay pada tahun 2002.

Polisi menangkapnya di sebuah hotel di ibu kota Uruguay, Montevideo, namun selama ini dia tinggal di Punta del Este dengan menggunakan dokumen palsu Brasil atas nama Francisco Capeletto.

Ketika polisi menggeledah tempat tinggalnya, ditemukan pistol kaliber 9mm, 13 telepon genggam, sejumlah kartu kredit, dan 150 foto ukuran paspor Morabito dalam berbagai penyamaran. Seorang perempuan Portugal kelahiran Angola, yang diyakini istrinya, juga ikut ditangkap.

Pengacaranya mengatakan Morabito menjalani ‘kehidupan normal’ sejak tahun 1994 dan tidak terlibat lagi dalam kegiatan kriminal. Dia kemudian ditahan dengan dakwaan pemalsuan dokumen namun diperkirakan dalam beberapa bulan mendatang akan diekstradisi ke Italia, tempat dia diganjar hukuman 30 tahun penjara.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close