Bisnis

Bos BCA Jadi Orang Kedua Terkaya di Asia Tenggara

JAKARTA, SENAYANPOST.com –  Bos Bank Centra Asia (BCA) Robert Budi Hartono menempati posisi kedua dalam Daftar orang terkaya di 10 negara Asia Tenggara atau ASEAN yang dirangkum detikcom dari berbagai sumber.

Daftar Crazy Rich ASEAN’s’ tersebut diisi oleh para pengusaha yang datang dari latar belakang yang beragam, mulai pengusaha properti, kontraktor, perbankan, sampai pengusaha pakan ternak.

Berikut daftar manusia terkaya se ASEAN tahun ini:

1. Brunei Darussalam – Sultan Hassanal Bolkiah

Sultan Hassanal Bolkiah merupakan satu-satunya orang terkaya di ASEAN yang berasal dari kerajaan. Dilansir dari Singapore Tatler, Sabtu (9/11/2019), Sultan Hassanal Bolkiah memiliki kekayaan sebesar US$ 28 miliar atau sekitar Rp 392,4 triliun (kurs Rp 14.000).

Kekayaan tersebut ia peroleh dari industri minyak dan gas bumi. Ia juga tinggal di istana terbesar di dunia, yang dibangun dengan menelan biaya lebih dari US$ 350 juta atau sekitar Rp 4,9 triliun. Ia juga memiliki lebih dari 500 mobil Rolls-Royce.

2. Indonesia – Robert Budi Hartono

Robert Budi Hartono atau lebih dikenal dengan Budi Hartono merupakan orang terkaya nomor 1 di Indonesia, dan terkaya ke-54 di dunia. Ia mengantongi kekayaan yang dicatatkan Forbes pada tahun 2019 tembus sebesar US$ 18,6 miliar atau setara dengan Rp 260,6 triliun.

Ia memperoleh 70% kekayaannya dari bisnis perbankan, yakni Bank Central Asia (BCA). Ia juga memiliki saham di Djarum. Tak hanya itu, ia bersama kakaknya, Michael Bambang Hartono, merupakan pemilik Grand Indonesia serta perusahaan elektronik Polytron.

3. Thailand – Dhanin Chearavanont

Dhanin Chearavanont merupakan orang terkaya di Thailand dan masuk daftar Forbes sebagai orang terkaya ke-75 di dunia. Ia mengantongi kekayaan sebesar US 17,6 miliar atau Rp 246,6 triliun.

Dhanin memperoleh kekayaannya dari perusahaan yang ia rintis yang bergerak dalam bidang agrobisnis. Ia mengekspor pakan ternak, terutama ayam, dan mengembangkan ternak ayam dewasa untuk didistribusikan ke pedagang dan restoran.

4. Malaysia – Robert Kuok

Robert Kuok adalah orang terkaya nomor satu di Malaysia dengan kekayaan sebesar US$ 12,4 miliar atau setara dengan Rp 173,7 triliun. Kuok merupakan pria kelahiran negeri jiran yang memiliki jaringan bisnis Shangri-La Hotels & Resort di seluruh dunia.

Perusahaan Kuok juga berinvestasi di banyak negara, mulai Singapura, Filipina, Thailand, China, Indonesia, Fiji, dan Australia. Di China ia memiliki Beijing World Trade Center. Selanjutnya ia juga memiliki Malaysian Bulk Carriers Berhad dan Transmile Group. Kuok juga memiliki bisnis perkebunan sawit dengan Wilmar Internasional.

5. Singapura – Robert dan Philip Ng

Kakak-adik Robert dan Philip Ng menempati posisi nomor satu orang terkaya di Singapura menurut Forbes. Kekayaan yang dikantongi sebesar US$ 12,1 miliar atau sekitar Rp 169,5 triliun.

Robert dan Philip adalah juragan tanah raksasa di Singapura. Kakak-adik itu juga sukses sebagai developer di Singapura. Mereka membangun lebih dari 700 hotel, mal, dan condotel di Singapura dan Hong Kong.

6. Vietnam – Pham Nhat Vuong

Pria kelahiran Hanoi, Vietnam, Pham Nhat Vuong merupakan orang terkaya nomor 1 di tanah airnya tersebut menurut Majalah Forbes. Ia memiliki kekayaan sebesar US$ 8 miliar atau sekitar Rp 112,1 triliun.

Bisnis pertama Pham adalah sebuah restoran yang menyajikan makanan khas Vietnam, di mana ia yang langsung melayani pelanggannya. Kini, ia adalah pebisnis sukses dalam industri perumahan, ritel, dan juga perawatan kesehatan.

7. Filipina – Manuel Villar

Pebisnis asal Filipina, Manuel Villar masuk daftar Majalah Forbes sebagai orang terkaya di negerinya, dengan kekayaan sebesar US$ 6,8 miliar atau sekitar Rp 95,2 triliun.

Manuel merupakan CEO Starmalls, salah satu operator mal terbesar di Filipina. Ia juga merupakan kontraktor besar dengan nama perusahaannya Vista & Landscapes.

8. Kamboja – Kith Meng

Kith meng adalah orang terkaya di Kamboja yang mengantongi kekayaan sebesar US$ 1,6 miliar atau sekitar Rp 22,4 triliun, seperti yang dilansir dari Asia Times.

Kith Meng adalah CEO dari The Royal Group yang merupakan perusahaan holding yang bergerak dalam berbagai macam bidang. Selain berbisnis, ia juga aktif dalam dunia politik di Kamboja. Ia pernah menjadi penasihat Perdana Menteri Laos, Hun Sen.

9. Myanmar – Tay Za

Tay Za, pria asli suku Burma, Myanmar merupakan konglomerat pertama di Myanmar dan hingga saat masih bertahan di posisi orang terkaya nomor 1 di Myanmar. Ia mengantongi kekayaan sebesar US$ 1,2 miliar atau sekitar Rp 16,8 triliun.

Tay Za merupakan CEO Htoo Group of Companies (HGC) yang merupakan induk dari maskapai Air Bagan. Ia juga merupakan pebisnis yang sukses di bidang pertambangan, perhotelan, dan perumahan.

10. Laos – Khamtai Siphandon

Khamtai Siphandon adalah orang terkaya di Laos dengan kekayaan yang dicatatkan oleh Prospect ASEAN pada tahun 2018 sebesar US$ 860 juta atau sekitar Rp 12 triliun.

Khamtai adalah dalah mantan Presiden Laos periode 24 Februari 1998-8 Juni 2006. Pria yang berasal dari keluarga petani ini juga anggota Partai Komunis Indochina pada tahun 1954 dan duduk di Komite Sentral Partai Revolusi Rakyat Laos pada tahun 1956. (WS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close