Internasional

Bom Mobil Meledak di Pangkalan Militer PBB di Mali, 3 Tentara Luka

BAMAKO, SENAYANPOST.com – Bom mobil meledak di pintu masuk pangkalan pasukan penjaga perdamaian internasional di Kota Gao, Mali, Senin (22/7/2019). Akibatnya, tiga tentara dari Prancis dan Estonia terluka.

“Ada serangan di pintu masuk bagian kamp Prancis di Gao,” kata juru bicara militer Prancis, Frederic Barbry, kepada AFP, Selasa (23/7/2019) seperti dikutip inews.

“Tidak ada serangan ke markas.”

Dia mengatakan luka-luka para tentara tidak mengancam jiwa, namun dia tidak menjabarkan lebih jauh soal serangan itu.

Seorang sumber keamanan Mali mengatakan, setidaknya ada tiga pengebom bunuh diri di mobil itu, yang dicat dengan warna kendaraan PBB.

Menurut sumber itu, beberapa orang juga terluka di kamp Mali yang berdekatan, termasuk dua anak.

Sekitar 50 tentara Estonia melakukan patroli keamanan untuk kamp Gao, yang merupakan pangkalan utama untuk Operasi Prancis Barkhane.

Setahun lalu, tentara Prancis yang sedang berpatroli menjadi sasaran serangan bom mobil di Gao, yang menewaskan empat orang dan sekitar 20 warga sipil terluka.

Sekitar 4.000 tentara Prancis dikerahkan di bawah Operasi Barkhane bersama dengan operasi pasukan penjaga perdamaian PBB yang memiliki 12.000 personel di Mali.

Prancis meluncurkan intervensi untuk mengusir para jihadis yang terkait dengan Al-Qaeda yang mengambil alih kota-kota penting di Mali pada 2013.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close