Internasional

Bom Era Perang Dunia II Bikin Seisi Kota Dievakuasi

LUDWIGSHAFEN, SENAYANPOST.com – Sebuah kota di Jerman dibikin geger dengan penemuan bom era Perang Dunia II. Dilansir BBC Minggu (26/8), bom seberat 500 kilogram itu ditemukan pekerja konstruksi di kota Ludwigshafen awal pekan ini.

AFP via Straits Times memberitakan, bom tersebut diduga milik Amerika Serikat (AS) yang dijatuhkan untuk membendung Nazi.

Penemuan bom itu membuat sekitar 18.500 masyarakat Ludwigshafen diminta melakukan evakuasi dengan radius 1.000 meter. Mereka mulai dievakuasi pada pukul 08.00 waktu setempat.

Pasukan gegana datang, dan berhasil mengangkat bom yang tak meledak itu dalam waktu satu jam. Namun, masyarakat baru diperbolehkan untuk kembali pukul 14.00. Total, upaya peninjakan bom itu memakan waktu enam jam.

“Kabar bagus, Bom berhasil dijinakkan! Masyarakat bisa kembali ke rumah mereka,” demikian pernyataan Ludwigshafen melalui Twitter.

Dalam kicauan tersebut, pejabat kota juga mengunggah foto di mana bom yang telah berkarat itu diikat sebelum dibawa keluar.

Ini bukan kali pertama kota di Jerman harus melakukan evakuasi setelah bom era PD II ditemukan.

Di September 2017, sekitar 70.000 warga Frankfurt harus keluar. Sebabnya, di kota mereka terdapat bom Inggris 1,4 ton, dan dikenal bernama Wohnblockknacker (Blockbuster) karena kemampuannya melenyapkan jalan dalam sekali ledakan. Kemudian pada April 2018 ini, stasiun kereta utama di Berlin harus dikosongkan setelah pekerja konstruksi menemukan bom 500 kilogram. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close