FeaturesInternasional

Bom Bunuh Diri di Turki, 22 Orang Tewas

ANKARA (SenayanPost.Com) – Sebuah aksi bom bunuh diri menyebabkan sedikitnya 22 orang tewas dan 99 orang terluka parah pada sebuah pesta pernikahan di Distrik Sahinbey, Provinsi Gaziantep, Turki Tenggara pada Sabtu (20/8/2016) malam.

“Ada orang yang kehilangan nyawa mereka dan kami memiliki informasi awal menunjukkan itu adalah serangan bom. Kami tidak tahu jumlah cedera,” kata Mehmet Erdogan, pimpinan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa di Parlemen Gaziantep kepada penyiar CNN-Turk sebagaimana dilansir AFP, Minggu (21/8/2016).

Gubernur Gaziantep Ali Yerlikaya, mengatakan ledakan di pusat kota itu karena serangan teror.  Samil Tayyar, wakil ketua AKP, membenarkan, lewat ciutan twitter,  pelaku aksi bom itu adalah kelompok teroris ISIS.

Media lokal melaporkan, ledakan bom terjadi sekira pukul 22:40 waktu Turki di kawasan berpenghuni etnis Kurdi. Sedangkan yang sedang mengelar pesta pernikahan berasal dari Turki Timur.

Belum jelas siapa yang bertanggung jawab atas ledakan tersebut. Erdogan mengatakan kemungkinan besar itu adalah serangan bunuh diri.
Anggota parlemen itu menambahkan, serangan jenis itu bisa saja diluncurkan oleh kelompok ISIS atau Partai Pekerja Kurdistan (PKK).
“Tujuan teror adalah untuk menakut-nakuti orang, tapi kami tidak akan membiarkan ini. Ini penyerangan barbar dalam sebuah pesta pernikahan,” kata Wakil Perdana Menteri Mehmet Simsek, yang juga mewakili Gaziantep di parlemen Turki.
Berada di sebelah utara perbatasan Suriah, Gaziantep memang telah menjadi tujuan utama bagi warga Suriah yang melarikan diri dari perang sipil berkepanjangan di negara mereka. Namun kehadiran para pengungsi, sejak lama dikhawatirkan akan diikuti dengan ikut masuknya para militan. (ANT)

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close