Internasional

Bola Api Misterius Melintas di Langit Singapura & Malaysia

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Bola api misterius berwarna biru melintas di langit malam Singapura dan Malaysia, Rabu (12/2/2020). Fenomena astronomi langka yang diduga meteor itu disaksikan langsung oleh beberapa warga Malaysia dan Singapura.

Detik-detik jatuhnya meteor juga terekam oleh beberapa kamera pengintai yang terpasang di dalam mobil. Salah satu videonya dibagikan All Singapore Stuff di media sosial Facebook.

Dalam rekaman tersebut terlihat jelas bagaimana sebuah bola api besar berwarna biru melintas di atas langit, membuat suasana gelap menjadi terang.

Beberapa netizen yang berkomentar mengaku menyaksikan peristiwa yang sama, termasuk di tempat-tempat di Singapura, seperti Loyang, Bartley, dan Hougang.

“Ini yang saya lihat di Bartley pagi tadi,” tulis pengguna akun Sky Tai.

“Melihat ini di Loyang jam 5 pagi! Tepat waktu yang sama! Saya pikir Singapura diserang! Fiuh, syukurlah itu bukan halusinasi,” kata pengguna Facebook Izzat Asyaraf Nahrawi dalam kolom komentar.

Seorang pengguna Facebook juga mengaku telah melihat peristiwa yang sama di hari sebelumnya. “Saya juga melihatnya pada 11 Februari! Dari arah Pantai Timur, sekitar pukul 06.40,” tulis Claudia Jiang.

Berdasarkan catatan International Meteor Organization, ada empat laporan terkait penampakan bola api di Singapura dan Johor Bahru, Malaysia, yang terjadi pada Rabu (12/2) pukul 05.00 pagi.

Anehnya, tidak ada catatan dari NASA maupun Badan Antariksa Eropa (ESA) yang menjelaskan bahwa bola api telah melintas di wilayah Singapura dan Malaysia. Begitupun dengan kelompok astronomi Singapura, Grup G, yang mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui adanya insiden meteor jatuh di negaranya.

“Tim kami tidak mengetahui adanya insiden seperti itu sampai saat ini. Dari bukti video, kami tidak dapat mengkonfirmasi sifat objek. Kami tidak memiliki bukti bahwa itu mengenai tanah dan tidak ada data dari NASA dan ESA yang mengkonfirmasi itu adalah meteorit pada saat ini,” ungkap mereka kepada Coconuts Singapore.

Ilustrasi meteor Foto: Pixabay© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi meteor Foto: Pixabay
“Tebakan terbaik kami adalah bahwa itu adalah meteor yang terbakar sebelum mengenai daratan, atau sepotong meteorit yang lebih besar yang memasuki atmosfer.”

Pada dasarnya, fenomena meteor menghantam atmosfer Bumi adalah hal yang lazim terjadi. Meteor sendiri umumnya dikenal sebagai “bintang jatuh”. Sering terlihat di langit malam seperti garis-garis cahaya.

Mereka berasal dari puing-puing asteroid atau komet yang masuk ke atmosfer Bumi dan terbakar pada kecepatan tinggi. Sebelum puing-puing ini masuk ke atmosfer, mereka dikenal sebagai meteoroid.

Sebagian besar meteor atau bola api terbakar sebelum jatuh ke tanah. Namun, jika sebuah meteor berhasil mencapai permukaan tanah, maka benda ini biasanya disebut sebagai meteorit. Ketika bola api meledak, mereka secara teknis disebut sebagai bolides.

Penampakan bola api juga pernah dilaporkan di beberapa negara, seperti Italia, Inggris, kanada, Amerika Serikat, dan Indonesia.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close