Hot IsuNasional

BNPB: Kalimantan Paling Aman Jadi Ibu Kota Negara

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merespon positif wacana pemindahan Ibu kota negara Indonesia. Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, ada tiga provinsi di Indonesia yang dinilai aman dari bencana jika dipilih menjadi lokasi pemindahan ibu kota di luar Pulau Jawa, yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

“Kalau kita lihat dari tahun 1960 sampai dengan sekarang kejadian bencana wilayah paling aman ya di Kalimantan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat,” katanya di Graha BNPB, Jalan Pramuka Raya, Jakarta Timur, Selasa (30/4/2019).

Dengan wilayah itu, kata Sutopo, pemerintah akan lebih memperhatikan kebakaran yang kerap terjadi.

“Itu bisa dikendalikan. Apalagi itu dijadikan pusat pertumbuhan Ibu Kota,” ujarnya.

Meskipun demikian, lanjut Sutopo, pihaknya hingga kini masih terus mengkaji wilayah mana yang pantas dijadikan ibu kota baru.

“Masih terus dikaji lebih dalam oleh Bappenas, sehingga sampai nanti akan muncul tentang wilayah, kalau ini provinsi, lebih fleksibel, lebih layak,” pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan memindahkan ibu kota negara ke luar Jawa. Namun, hingga saat ini pemerintah belum mengungkap lokasi ibu kota baru.

Usai makan siang bersama karyawan PT KMK Global Sports I di Kelurahan Talagasari, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Selasa (30/4/2019), Jokowi menyebut ada tiga kandidat lokasi ibu kota. Pertama di Sumatera, kedua Sulawesi, ketiga Kalimantan.

“Bisa di Sumatera tapi kok nanti yang timur jauh. Di Sulawesi agak tengah tapi di barat juga kurang. Di Kalimantan kok di tengah-tengah. Kira-kira itu lah,” ucapnya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close