Peristiwa

BNPB: Gempa Susulan 5,2 SR di Palu Tak Timbulkan Kerusakan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, Palu, Sulawesi Tengah, kembali mengalami gempa berkekuatan 5,2 skalarichter. Musibah itu terjadi pada Selasa (9/10/2018) pagi.

Dengan adanya peristiwa tersebut, mendadak menjadi viral di media sosial. Namun, viralnya gempa itu karena berdampak adanya kehancuran. Pasalnya, videonya atau gambar yang ada di media sosial itu merupakan peristiwa pada Jumat (28/9/2018) lalu.

“Menimbulkan hoaks dengan kondisi jalan terbelah, bangunan roboh yang disebutkan 5,2 Skala Richter dan 4,8 Skala Richter di Bulukumba jadi berita hoaks,” kata Sutopo di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Selasa (9/10/2018).

Ia pun menegaskan, dalam kejadian gempa susulan tersebut tidak adanya korban jiwa apalagi sampai menimbulkan kerusakan terhadap rumah warga atau bangunan lainnya.

“Jadi kalau menerima informasi menggunakan logika. Tidak akan menimbulkan seperti itu (5,2 Skala Richter),” tegasnya.

Sampai saat ini, Palu-Donggal, Sulawesi Tengah masih mengalami gempa susulan hingga 508 kali. Akan tetapi, warga hanya merasakan gempa sebanyak 16 kali saja.

“Rata-rata setiap tahun di Indonesia 5.000-6.000 kali (gempa),” tutupnya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close