Nasional

BNPB: 99 Persen Karhutla karena Ulah Manusia

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di beberapa daerah disebabkan oleh ulah manusia. Selain itu, 80% dari lahan yang terbakar menjadi kebun.

“Saya mempunyai data, penyebab Karhutla adalah 99% ulah manusia, dan 80% lahan yang terbakar menjadi kebun” ujar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, dalam keterangan tertulis, Selasa (24/9/2019).

Doni menyampaikan hal itu pada saat rapat koordinasi penanganan karhutla di Provinsi Jambi. Dia meminta Pemprov bertindak cepat memadamkan api dan pemerintah pusat disebutnya siap membantu.

“Sisa api yang ada, mari kita padamkan bersama. Pemerintah pusat siap membantu dan mendukung upaya pemadaman,” tuturnya.

Doni kemudian mengusulkan perubahan perilaku untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menurutnya hal ini dapat dilakukan dengan pengembangan pohon yang bersifat ekonomis tanpa harus membakar lahan.

“Contohnya Kopi Liberica, Pohon Pinang, Nenas, Lidah Buaya, Pisang Barangan, Enau, Sayur Mayur, Ikan Gabus, tanaman sagu dan sebagainya. Jenis tanaman ini dapat menjadi alternatif pilihan pohon untuk masyarakat, tanpa harus membakar lahan” kata Doni. (JS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close