BMKG Yogyakarta Peringatkan Potensi Gelombang Tinggi

BMKG Yogyakarta Peringatkan Potensi Gelombang Tinggi

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Nelayan maupun masyarakat lainnya diminta untuk waspada potensi gelombang tinggi yang dapat terjadi di perairan Samudera Hindia di sebelah selatan Daerah Istimewa Yoogyakarta (DIY) yang membentan di Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Bantul hingga Kabupaten Gunungkidul.

Kepala Stasiun Klimatologi Mlati BMKG Yogyakarta, Reni Kraningtyas, Senin (10/8/2020) mengatakan, potensi gelombang tinggi itu berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 11 Agustus hingga 13 Agustus 2020 dengan tinggi gelombang yang diperkirakan mencapai 4 meter.

“Tidak hanya wisatawan yang harus waspada, tetapi nelayan juga,” katanya.

Ia mengimbau pula kepada para nelayan agar tidak melaut untuk sementara waktu serta menambatkan kapal mereka di tempat yang aman.

Wisatawan dan masyarakat, pesannya, diminta memperhatikan arahan dan himbauan dari petugas SAR di sekitar pantai.

Sedangkan untuk hari Senin (10/8/2020) ini, ujarnya, gelombang laut cenderung mengalami penurunan dibanding beberapa hari sebelumnya, dan kembali meningkat pada Selasa (11/8/2020) hingga dua hari berikutnya.

Ia ia juga mengimbau para nelayan agar tidak melaut untuk sementara waktu serta menambatkan kapal mereka di tempat yang aman. (AS)