BMKG Sebut Suara Dentuman di Jateng Tak Terkait Aktivitas Seismik

BMKG Sebut Suara Dentuman di Jateng Tak Terkait Aktivitas Seismik
JAKARTA, SENAYANPOST.com – fenomena bunyi suara dentuman keras sekitar Senin (11/5) dini hari tadi menghebohkan Warga Jawa Tengah. Suara dentuman dilaporkan terdengar di beberapa wilayah Jateng terutama Kota Surakarta, Kota Semarang.
Sejumlah warga mengunggah pengalamannya di media sosial. Salah satunya Tatyana, warga Solo. Dia mengaku mendengar suara dentuman tersebut sekitar pukul 03.00 WIB. “Lagi sahur, terus denger suara dung,” kata Tatyana kepada kumparan, Senin (11/5/2020).
Warga Semarang, Faris, mengaku juga mendengar suara dentuman keras itu. Dia mendengar suara mirip petasan bambu atau yang dikenal dengan bumbung muncul sekitar pukul 02.30 wib. “Tadi kisaran jam 2.30 kedengeran dentuman, tak kirain mercon bumbung,” ucapnya.
Sedangkan di sejumlah grup, di wilayah Sragen, Boyolali hingga Grobogan dan Kendal juga ada yang mendengar suara dentuman tersebut.
Dikonfirmasi soal ini, Kasi Data dan Observasi Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Semarang, Yoga Sambodo mengatakan jika pihaknya belum bisa menjelaskan lebih lanjut terkait fenomena suara dentuman tersebut.
“Kalau dari meteorologi, kumpulan awan dari tengah malam sampai sahur cuman di sekitaran pesisir selatan awan-awan petirnya. Sementara dari geofisika tidak terpantau adanya aktivitas seismik, jadi jawaban sementara belum bisa mengkonfirmasi suara dentuman yang sebenarnya,” ujarnya.