Nasional

BMKG Sebut Ada 295 Sesar Aktif di Indonesia

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Rentetan gempa mengguncang sejumlah wilayah di Tanah Air. Belum genap satu bulan kejadian Gempa Palu, Donggala sekitarnya. Kali ini gempa bumi menghampiri Situbondo, Jawa Timur.

Gempa bumi Situbondo yang berkekuatan 6,0 SR telah menimbulkan getaran hingga Bali. Kepala Bidang Informasi dini gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan bahwa wilayah indonesia memang aktif dan kompleks dalam hal gempa.

Dari data sumber gempa berdasarkan lempeng saja ada 6 zona sedaksi atau guncangan lempeng dari Sabang hingga Merauke.

“Itu masih dirinci lagi menjadi segmen-segmen megathrust yang jumlahnya ada 16. Untuk sesar aktif berdasarkan revisi peta gempa itu sudah terindentifikasi 295 sesar aktif di Indonesia,” kata Daryono.

Dia mengungkap bahwa sebenarnya masih ada banyak lagi sumber gempa yang belum terdentifikasi degan baik. Namun, dia tidak menyebut jumlahnya. Identifikasi dan penelitian sumber gempa akan bertambah dengan adanya event gempa yang tidak diduga seperti yang terjadi tadi malam.

“Sumber gempa yang terindentifikasi ada 295 tapi masih ada sumber-sumber yang belum terindentifkasi dan jumlahnya cukup banyak. Sementara terindikasi masih ada sesar-sesar yang belum terpetakan. Artinya, jumlahnya juga cukup banyak. Dengan adanya gempa yang tadi pagi itu maka itu akan menambah data baru terkait sesar aktifnya,” papar dia.

Lokasi-lokasi wilayah gempa di Indonesia seperti diketahui membentang luas di Indonesia. Tak hanya di darat, sesar aktif juga telah dipetakan di seluruh samudera yang termasuk wilayah Indonesia.

Meski demikian, ilmu pengetahuan hingga saat ini belum mampu memprediksi gempa baik di darat maupun laut. BMKG hanya bisa memprediksi potensi tsunami berdasarkan lokasi episenter dan kekuatan gempa.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close