Lintas Daerah

BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memperingatkan warga potensi terjadinya hujan lebat dan gelombang tinggi hingga tiga hari ke depan (21-23/6/2018).

“Hasil pantauan cuaca saat ini dalam beberapa hari ke depan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat di beberapa wilayah Yogyakarta,” kata Kepala Stasiun Klimatologi Yogyakarta, Agus Sudaryatno di Yogyakarta, Rabu (20/6/2018).

Ia menambahkan, pantauan kondisi atmosfer terlihat adanya belokan angin serta intrusi udara basah yang masuk ke wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, sehingga tingkat kelembaban udara dibagian atas atmosfer cukup basah dengan kisaran 80-90%. Kondisi tersebut menyebabkan pembentukan awan-awan hujan.

Wilayah yang diprediksi akan berpeluang terjadinya hujan dalam beberapa hari kedepan antara lain Sleman, kota Yogja, sebagian Kulonprogo (bagian utara), Bantul bagian utara dan Gunungkidul bagian utara dan barat.

Hal lain yang perlu diwaspadai masyarakat khususnya yang tinggal dipesisir selatan Yogyakarta adalah peningkatan tinggi gelombang di selatan Jawa/Yogyakarta yang diprediksi berkisar 2.0 hingga 3.5 meter. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close