Lintas Daerah

BKSDA Jambi Amankan Ratusan Burung Kolibri dan Pelatuk

JAMBI, SENAYANPOST.com – Sebanyak 340 ekor burung kolibri dan 2 burung pelatuk yang termasuk ungas dilindungi undang undang diamankan Petugas Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi.

“Ratusan burung kolibri dan dua ekor burung pelatuk diamankan dari pelaku berinsial SH, salah satu pengepul burung ilegal yang akan dijual dalam pasar gelap di Pulau Jawa,” kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) BKSDA Jambi, Teguh Sriyanto, di Jambi, Jumat (25/5/2018).

Dijelaskannya, pelaku SH diamankan dari kediamannya di Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi, pada Kamis (24/5/2018) dan dari rumah pelaku diamankan ratusan burung tersebut yang akan dikirim ke Pulau Jawa melalui perdagangan ilegal.

Pelaku menjalani pemeriksaan di Polda Jambi karena kasus tersebut dilimpahkan penyidikannya ke Polda. Sementara, ratusan ekor burung berbagai jenis itu oleh BKSDA Jambi akan langsung dilepasliarkan di kawasan hutan lindung yang ada di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi.

Pelepasliaran tersebut, ujar dia, sudah bekerja sama dengan penyidik. Pihaknya tidak ingin satwa dilindungi yang diamankan itu mati, sehingga harus segera dilepasliarkan di alam bebas untuk menjaga kelestarian satwa.

Berdasarkan penyelidikan tim BKSDA dipasaran, harga per ekor burung kolibri di Jambi dijual berkisar Rp50 ribu hingga Rp150 ribu. Harga itu akan meningkat jika dibawa ke Pulau Jawa. Di Jawa, per ekor kolibri dihargai kisaran Rp150 ribu hingga Rp300 ribu. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close