Nasional

BKSDA Gagalkan Penyelundupan Ribuan Burung Dilindungi

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Flight: Protecting Indonesia’s Birds mengamankan sekitar 1.500 ekor burung ilegal yang beberapa di antaranya dilindungi di Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

“Penangkapan ini dilakukan dengan pencegatan di Kotabumi oleh BKSDA. Diduga, burung-burung ini akan dipasarkan di Metro dan Pesawaran,” ujar Kepala Seksi Konservasi Wilayah III BKSDA Bengkulu-Lampung, Hifzon Zawahiri, dalam ekspose di kantor BKSDA III Bengkulu-Lampung, Natar, Lampung Selatan, Sabtu (9/11/2019).

Ribuan ekor burung yang diamankan itu terdiri dari 16 spesies, di antaranya ciblek, kolibri, gelatik batu, pelatuk, cucak jenggot, kopri, poksai medan, serindit melayu, cucak keling, cucak ranting, cucak ijo mini, dan poksai Sumatera.

Hifzon Zawahiri mengungkapkan, penyelundupan burung-burung Ilegal yang beberapa di antaranya dilindungi ini menggunakan modus-modus yang sama seperti penangkapan beberapa waktu lalu.

Pemilik satwa liar ini, jelas dia, menyelundupkan burung-burung tersebut menggunakan mobil travel. “Modusnya sama seperti beberapa waktu lalu di Lampung Tengah. Mereka menyelundupkan dengan mobil travel,” bebernya. (WS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close