Lintas Daerah

BKMG: Potensi Hujan Deras, Angin Kencang, Kilat dan Petir di Yogyakarta

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com — BMKG Yogyakarta memperingatkan potensi terjadinya hujan deras disertai angin kencang, petir dan kilat yang bisa melanda wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta pada Senin (25/6/2018).

Kepala BMKG Yogyakarta Agus Sudaryatno, Minggu (24/6/2018) mengatakan saat ini terpantau pusat tekanan rendah di perairan barat Sumatera dan perairan barat Kalimantan.

“Kondisi tersebut, katanya, berpengaruh pada perlambatan kecepatan angin di wilayah Jawa sehingga memicu pertumbuhan awan konvektif yang berpotensi dapat mengakibatkan hujan dengan intensitas lebat disertai kilat dan petir dan angin kencang di beberapa wilayah DIY,” ujarnya.

Menurut dia hujan deras, angin kencang, petir dan kilat itu dapat terjadi antara lain di Kecamatan Samigaluh, Kalibawang (Kabupaten Kulonprogo), Kecamatan Sleman antara lain di Kecamatan Turi, Pakem, Cangkringan, Tempel, Sleman, Ngaglik, Ngemplak, Minggir, Seyegan, Godean dan Mlati.

Ia meminta masyarakat waspada terhadap kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang atauroboh.

“Agar tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat atau petir,” katanya lagi.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG DIY membuka layanan informasi cuaca 24 jam, dapat menghubungi call center 0274-2880151/52; atau Follow @StaklimJogja. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close