Breaking NewsInfotainment

BJ Habibie Di Mata Aktor Film Habibie & Ainun Reza Rahadian

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Presiden ke-3 RI BJ Habibie meninggal dunia di RSPAD Jakarta pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB.

Sebagai yang pernah memerankan sosok BJ Habibie, Reza Rahadian juga memiliki kedekatan yang erat dengan sosok sang mantan Menristek tersebut.

Reza pun punya sapaan akrab untuk sang cendekiawan, eyang. Reza amat dekat dengan BJ Habibie karena terlibat dalam film Habibie & Ainun (2012).

“Sosok eyang itu humble, so inspiring. Eyang juga mampu memberikan suatu nasihat tapi tidak menggurui dan masih bisa dijangkau,” kata Reza.

Reza mengisahkan ia mulai dekat dengan BJ Habibie karena keperluan pembuatan film Habibie & Ainun. Dalam film garapan Faozan Rizal tersebut, Reza memerankan sosok Habibie dalam kisah percintaannya dengan sang istri, Ainun. Peran Ainun sendiri diisi oleh Bunga Citra Lestari.

Berawal dari wawancara formal untuk kebutuhan pendalaman karakter, Reza semakin kenal dengan sosok Habibie yang sebenarnya. Reza Rahadian bahkan sudah dianggap Habibie sebagai salah satu cucunya. Namun bukan secara biologis, Habibie mengistilahkannya dengan cucu ideologis.

Reza mengaku rutin sesekali bertemu dengan Habibie, entah dalam jamuan makan siang, atau sengaja mengunjungi penemu teori kerusakan pada pesawat itu. Pemikiran Habibie bukan cuma masalah kehidupan, bahkan termasuk pandangan-pandangannya terkait kondisi politik Indonesia juga ia bagi dengan Reza.

“Saya yang bukan politikus tapi masih bisa mencerna apa yang dimaksud eyang,” kata Reza.

“Juga tentang kehidupan, kerja keras, dan lain-lain, dan kadang saat itu terlalu berat dan bingung. Tapi kalo eyang tuh easy dan mudah banget,” lanjutnya.

Reza mengaku dirinya telah lama mengenal BJ Habibie. Ia mengenal Habibie sejak sosok ilmuwan itu menjadi Menteri Teknologi dan Riset di era Presiden Kedua RI Soeharto.

Ketika Reza ditawari menjadi sosok Habibie, ia menyebut momen itu sebagai awal mula kedekatan dirinya dengan BJ Habibie.

“Saya rasa kalau bukan karena film itu [Habibie & Ainun], gue enggak akan kenal dengan eyang,” kata Reza. (AR)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close