Ekonomi

Bisnis Online dan Offline Harus Saling Mendukung

DENPASAR, SENAYANPOST.com –  Meskipun revolusi industri 4.0 telah mengubah cara bisnis ke sistem online namun tidak akan total menggusur bisnis offline. Bisnis offline masih lebih dominan dibandingkan online. 

“Sehebat-hebatnya revolusi industri 4.0 tidak akan bisa mengalahkan offline,” kata Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga, saat membuka Rakernas Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) V di Sanur, Bali, Sabtu (14/9/2019).

Ia mencontohkan, bisnis online terbesar di Cina baru 16 persen dari total jual beli di negara itu. Sedangkan di Indonesia baru 6-7 persen.

Rakernas mengangkat tema APJI menuju 4.0.  Mendorong industri jasa boga yang berkelanjutan dan meningkatkan kualitas untuk mencapai kesejahteraan. 

Puspayoga mengatakan tema yang diangkat APJI sangat tepat sebab revolusi industri 4.0  telah memudahkan dunia bisnis lewat internet.

Pengusaha hotel, lanjutnya, tidak harus memiliki bangunan hotel,  tapi bisa mengelola penjualan kamar hotel secara online. Begitu juga pengusaha taksi tidak harus memiliki armada tapi bisa menjalankan bisnis transportasi secara global. 

Ia meminta pengusaha termasuk pengusaha yang tergabung di APJI menangkap fenomena tersebut. Mampu memanfaatkan bisnis online dan offline secara bersamaan. 

“Kedua model bisnis ini harus saling menunjang. Kalau tidak memanfaatkan online susah juga, namun jangan mengandalkan offline semata,” tegas Puspayoga. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close