Hukum

Bimanesh Akui Fredrich Minta Skenario Kecelakaan Novanto

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Bimanesh Sutarjo, dokter spesialis penyakit dalam RS Medika Permata Hijau menyebut bahwa Fredrich Yunadi meminta skenario kecelakaan untuk Setya Novanto

Hal itu disampaikan Bimanesh saat menjadi saksi dalam sidang kasus dugaan menghalangi penyidikan kasus korupsi proyek e-KTP dengan terdakwa Fredrich di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Bimanesh mengatakan kalau Fredrich sempat menelepon dirinya sekitar satu jam sebelum Novanto masuk ke RS Medika Permata Hijau pada 16 November 2017.

“Pukul 17.50 WIB, dalam telepon terdakwa (Fredrich) bilang ‘dok skenarionya kecelakaan’. Lalu teleponnya langsung ditutup,” kata Bimanesh di hadapan majelis hakim.

Bimanesh menyebut dirinya bingung menanggapi telepon tersebut. Sebab sebelumnya Fredrich mengatakan Novanto mengeluhkan pusing dan ingin dirawat di RS Medika karena penyakit hipertensi.

“Sebelumnya pukul 11.00 WIB terdakwa telepon saya bahwa SN minta pusing dan sempoyongan setelah dirawat di RS Premiere Jatinegara. Saya bilang bersedia,” ujar Bimanesh

Kemudian, tiba-tiba ada telepon misterius dari Fredrich tersebut. Kebingungan ini membuat Bimanesh pasif dan tidak bertanya banyak soal skenario tersebut. Bahkan ia tidak menelepon balik Fredrich untuk mengkonfirmasi hal tersebut.

“Saya pikir, kan, saya cuma dokter yang merawat saja. Tidak ada urusan soal itu,” katanya.

Bimanesh menyebut tidak lama berselang dari telepon Fredrich, ia mendapat telepon dari Plt Manajer Pelayanan Medik RS Medika, Alia Shahab.

Alia mengatakan dokter jaga di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Michael Chia Cahaya tidak mau memeriksa Setnov yang mengalami kecelakaan.

“Alia bilang ‘dok ini ada masalah, Michael tidak mau periksa Setnov yang mengalami kecelakaan lalu lintas’. Di situ baru saya sadar kesinambungan antara skenario kecelakaan tadi,” ucap Bimanesh

Dalam telepon itu Alia juga ingin Bimanesh datang, tapi setelah sampai di IGD, ternyata Setyo belum sampai. Lalu Bimanesh bertanya ke perawat IGD keberadaan Alia dan Michael, ternyata mereka berdua tidak ada di rumah sakit.

“Saya tiba di UGD. Saya lihat di meja pasien ada tiga perawat. Saya tanya dokter Michael mana. Saya harus konfirmasi dulu ke Michael. Lalu saya tanya pasiennya mana, mereka bilang pasiennya belum datang. Saya bingung tadi kan bilang saya disuruh datang karena Michael tidak mau merawat,” cerita Bimanesh

Kemudian Bimanesh bertanya kembali ke perawat IGD, mereka menyebut bahwa sebelumnya Fredrich datang ke rumah sakit untuk meminta dokter Michael membuat surat rawat inap dengan keterangan kecelakaan. Padahal Setnov belum datang.

“Dokter Michael bahkan mengancam bahwa dia akan pulang apabila Setnov tetap masuk RS. Perawat juga kaget. Saya juga bingung berarti Alia memanggil saya untuk sesuatu yang tidak ada,” lanjutnya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close