Bank

BI Rate Berpeluang Turun Lagi di 2020

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) berpeluang untuk kembali turun pada 2020. Hal ini merupakan salah satu bentuk penerapan kebijakan ekonomi yang akomodatif oleh bank sentral pada tahun depan.

Stance kebijakan arah 2020 kita tetap akomodatif. Apakah suku bunga masih akan turun atau enggak ini depend pada datanya. Bila perlu diturunkan, ya akan diturunkan,” ujar Direktur Eksekutif DKEM BI Endy Dwi Tjahjana di acara pelatihan wartawan Bank Indonesia di Labuan Bajo, NTT, Senin (9/12/2019).

Dia melanjutkan, langkah penurunan suku bunga tentunya sudah berdasarkan perhitungan guna mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) pada level 5,00% serta suku bunga Deposit Facility sebesar 4,25% dan suku bunga Lending Facility 5,75%.

Keputusan ini diambil dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) selama dua hari pada 20-21 November 2019 lalu.

Bank Indonesia juga memutuskan untuk menurunkan Giro Wajib Minimum (GWM) Rupiah untuk Bank Umum Konvensional dan Bank Umum Syariah/Unit Usaha Syariah sebesar 50 bps sehingga masing-masing menjadi 5,5% dan 4,0%, dengan GWM Rerata masing-masing tetap sebesar 3,0%. dan berlaku efektif pada 2 Januari 2020.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close