BI Perluas Layanan Penukaran Uang hingga ke Rest Area

BI Perluas Layanan Penukaran Uang hingga ke Rest Area

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Bank Indonesia (BI) tahun ini memperluas layanan penukaran uang di berbagai tempat. Layanan ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin menukarkan uang baru pecahan kecil.

Untuk tahun ini, BI membuka layanan penukaran uang di 1.000 titik yang tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan khusus di Jabodetabek BI membuka layanan di 160 titik.

Deputi Gubernur BI Rosmaya K. Hadi mengatakan pihaknya membukan 1.000 titik layanan penukaran uang di seluruh Indonesia. Layanan ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin menukarkan uang baru pecahan kecil.

“(Penukaran uang ini) Dan ini kompak se-Indonesia. Tidak hanya di Jakarta tapi diseluruh kantor perwakilan BI. 46 kantor BI yang juga serentak menukarkan uang,” kata Rosmaya dalam konferensi persnya di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Rabu (23/5).

Rosmaya menjelaskan pada saat H-3 Lebaran nanti layanan penukaran uang tersebut juga akan bergerak menuju titik-titik jalur mudik. Seperti di rest area jalan tol.

“Jadi 1.000 titik itu kita siapkan di kantor-kantor bank, kemudian setelah H-3 Lebaran, kita bergerak ke arah jalur mudik. Di rest area, kemudian kita bergerak ke kantor-kantor bank daerah. Jadi Kami juga bergerak,” katanya.

Dalam melayani penukaran uang jelang Lebaran tersebut, tambah Rosmayani, Bi juga bakal mengajak serta pihak perbankan yang ada untuk terus membuka penukaran uang bagi masyarakat.

“Jadi kita gandeng pihak bank untuk pecahan kecil. Layanan penukaran itu kami buka sampai hari H Lebaran saja. Setelah itu masyarakat bisa ambil di ATM,” katanya.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Suhaedi mengatakan selain membuka layanan penukaran uang di Monas, rencananya BI juga bakal membuka layanan tersebut di kawasan Stasiun Kota, Jakarta Pusat.

Rencananya, kegiatan tersebut bakal digelar Kamis (24/5/2018) atau hari ini.

“Besok juga akan ada pelayanan penukaran uang selain di Monas, juga di Stasiun Kota, sekitar itu,” kata Suhaedi.

Suhaedi mengatakan nantinya bakal ada tujuh mobil keliling dari pihak perbankan yang akan melayani penukaran uang di kawasan tersebut. Dengan begitu masyarakat bisa memiliki banyak pilihan untuk penukaran uang pecahan kecil.

“Nanti ada tujuh mobil keliling di sekitar Stasiun Kota,” katanya. (MU)