Lintas Daerah

BI Lampung Siapkan Rp3,1 Triliun Uang Kartal Jelang Lebaran

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – Untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang bagi masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung menyiapkan Rp3,1 triliun uang kartal. Jumlah ini sedikit meningkat dibandingkan 2017 sebesar Rp3,054 triliun.

“Hari ini hingga mendekati lebaran penukaran uang kartal sudah bisa dilakukan,” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Lampung, Budiharto Setyawan, di Bandarlampung, Rabu (23/5/2018).

Budiharto menjelaskan, ketersediaan uang kartal ini akan dijamin Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung dan masih akan bertambah secara bertahap disesuaikan dengan kondisi atau perkembangan yang ada.

BI menyiapkan uang kartal mengingat meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat menjelang bulan puasa dan Lebaran 2018. Sehingga kebutuhan uang pada periode tersebut juga ikut meningkat.

Karenanya masyarakat tidak perlu merasa kuatir, Bank Indonesia menjamin ketersediaan dan kecukupan uang kartal untuk kebutuhan masyarakat Provinsi Lampung selama periode tersebut. Dipastikan, kecukupan uang kertas dan logam akan terjaga baik secara nominal maupun pecahan.

Untuk menukaran uang, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan perbankan di daerah juga terus diperkuat sehingga masyarakat tidak akan mengalami kesulitan mendapatkan uang tunai.

“Kami mengimbau masyarakat agar melakukan penukaran uang pecahan kecil melalui layanan penukaran uang rupiah oleh BI dan perbankan yang beroperasi di Provinsi Lampung. Penukaran dapat dilakukan tanpa dipungut biaya alias gratis,” katanya.

Penukaran uang d mulai 23 Mei 2018 hingga 6 Juni 2018 utamanya di pusat-pusat keramaian. Khusus pada 5 dan 6 Juni 2018, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung dan perbankan daerah secara bersama-sama akan melakukan layanan penukaran uang di Lapangan Saburai.

Untuk pemerataan dan kelancaran dalam proses penukaran bersama di Lapangan Saburai, jelas dia, Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung dan perbankan telah menyediakan paket penukaran senilai Rp6 juta per orang yang terdiri atas pecahan Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000 dan Rp2.000. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close