Besok, Tower 8 Wisma Atlet Dibuka untuk Pasien OTG

Besok, Tower 8 Wisma Atlet Dibuka untuk Pasien OTG
Wisma Atlet (ANTARA FOTO)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Pemerintah akan mengoperasikan satu tower di kawasan Wisma Atlet Kemayoran sebagai tambahan lokasi mandiri bagi pasien COVID-19 berkategori orang tanpa gejala (OTG).

Tower 8 Wisma Atlet yang akan dibuka saat ini masih dalam proses penyempurnaan, dan ditargetkan rampung hari ini.

"Kita harapkan hari ini (selesai), paling lama besok pagi (sudah bisa dipakai). Sudah liat pagi tadi dan diarahkan finalisasi semua kebutuhan kelengkapan, termasuk dekontaminasi, tempat para petugas gunakan APD sebelum masuk ke tower 8 untuk cek pasien dan lainnya," kata Koordinator RSD Wisma Atlet Kemayoran, Mayjen TNI dr Tugas Ratmono, dalam diskusi di YouTube BNPB, Senin (28/9/2020).

Finalisasi lainnya yang sedang dilakukan termasuk persiapan penerimaan pasien yang dibawa ke Wisma Atlet dengan sistem digital.

"Termasuk sistem penerimaan digital ini kita rampungkan hari ini. Mudah-mudahan semua kondisi siap pakai, paling tidak besok pagi," tutur Tugas.

Menurutnya, pembukaan Tower 8 ini melengkapi Tower 4 dan 5 yang telah terlebih dahulu dibuka sebagai flat isolasi mandiri pasien corona. 

Namun, ia menekankan tower 8 dibuka bukan karena dua tower sebelumnya telah penuh, melainkan untuk mengantisipasi lonjakan pasien corona.

"Saat ini tower 4 cukup tinggi, (sudah terisi) 90 sekian persen. Di tower 5 39 persen per pukul 06.00 pagi ini. Tower 7 sudah 90 persenan," ucap dia.

"Artinya, dari hari ke hari trennya masih meningkat, tapi juga sesuai protokol ada yang pulang dan masuk. Jadi masih bisa menampung, tapi betul-betul persiapan untuk tampung isolasi mandiri," imbuh Tugas.

Dalam data per Senin pagi, jumlah pasien corona yang menjalani isolasi mandiri di Tower 4 dan 5 berjumlah 2.091 orang. Jumlah ini setiap harinya bertambah dan berkurang, karena puluhan hingga ratusan pasien silih berganti keluar masuk.

Tower 8 rencananya akan memiliki kapasitas 1.548 tempat tidur. Sementara di Tower 4 dan 5 memiliki kapasitas hunian 3.116 pasien berkategori OTG.