Internasional

Besok, Raja Salman Luncurkan ‘Kota Hiburan’ Sekelas Walt Disney

RIYADH, SENAYANPOST.com – Warga Arab Saudi tak perlu jauh-jauh lagi untuk mencari tempat hiburan sekelas Walt Disney. Sebab, Arab Saudi di bawah kepemimpinan Raja Salman telah membangun “kota hiburan” yang siap memanjakan pengunjungnya dengan fasilitas tak kalah dengan industri hiburan kelas elite lain di dunia.

“Kota hiburan” yang berada di dekat Riyadh ini akan diluncurkan pada Rabu (25/4/2018).

Para pejabat Saudi mengatakan, “kota hiburan” yang akan mulai dibangun itu bagian dari serangkaian proyek multi-miliar dollar yang diunggulkan karena Kerajaan Arab Saudi tidak ingin ekonominya bergantung pada minyak.

Proyek seluas 334 kilometer persegi tersebut akan dibangun di Qiddiya, sebelah barat daya Riyadh.

“Fasilitas ini menyoroti upaya tanpa henti untuk mengembangkan proyek-proyek giga yang akan membantu mencapai banyak pengembalian ekonomi langsung dan tidak langsung,” kata pejabat proyek tersebut, Fahd bin Abdullah Tounsi, dalam sebuah pernyataan pemerintah Saudi yang dikutip AFP, Selasa (24/4/2018).

Pemimpin eksekutif Qiddiya, Michael Reininger, berharap proyek ini akan menarik investor asing di sektor hiburan dan lainnya. Namun, dia tidak merinci total biaya konstruksinya.

Proyek-proyek hiburan semacam itu adalah gagasan dari Putra Mahkota Mohammed bin Salman, seorang agen perubahan sekaligus arsitek utama dari program reformasi “Visi 2030”.

Kerajaan yang kaya minyak ini telah meluncurkan cetak biru untuk membangun NEOM, sebuah proyek besar yang diharapkan menjadi Silicon Valley regional, di samping proyek Laut Merah berupa destinasi resor yang dikelilingi terumbu karang. Kedua proyek ini bernilai ratusan miliar dollar AS.

Warga Saudi saat ini menghabiskan miliaran dollar AS setiap tahun untuk menonton film dan mengunjungi taman hiburan di pusat turis tetangga seperti di Dubai dan Bahrain. Tak mau uang Saudi mengalir ke luar negeri, Riyadh berinovasi untuk membuat hiburan bagi warganya.

Pada bulan Februari, Otoritas Hiburan Umum Arab Saudi (GEA) mengumumkan akan membuat lebih dari 5.000 festival dan konser pada tahun 2018. Ribuan festival ini untuk meningkatkan pendapatan senilai USD64 miliar. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close