Besok, Masyarakat Bisa Lihat Langsung Indahnya Bulan Darah

Besok, Masyarakat Bisa Lihat Langsung Indahnya Bulan Darah

MEDAN, SENAYANPOST.com – Fenomena alam berupa gerhana bulan total, biasa disebut ‘bulan darah’ atau blood moon akan terjadi di seluruh Indonesia, Sabtu (28/7) besok.

Disebut blood moon sebab saat itu bulan akan terlihat memerah layaknya darah. Nah, gerhana bulan ini dinyatakan sebagai gerhana bulan terlama sepanjang abad.

“Bisa dilihat dari seluruh wilayah Indonesia, ini gerhana bulan terlama dalam abad ini, sekitar 103 menit. Terjadi mulai pukul 00.00 WIB, antara pergantian tanggal 27 dan 28,” kata Kepala Bidang Informasi dan Data BMKG Wilayah I Medan, Syahnan, Kamis (26/7).

Nantinya, masyarakat bisa melihat langsung dengan mata telanjang peristiwa paling bersejarah ini. Bisa pula menjadikannya bahan penelitian dan ilmu pengetahuan sebab gerhana bulan total seperti ini diprediksi baru akan bisa dilihat lagi pada 2041 mendatang.

“Bulan darah pada 28 Juli nanti bisa dilihat langsung,” katanya.

Soal dampak cuaca yang akan terjadi pasca gerhana, Syahnan mengaku belum bisa memprediksi. “Biasanya H-3 baru kita bisa melihat prediksinya,” ucapnya.

Warga Indonesia akan menyaksikan fenomena gerhana bulan total (GBT) pada Sabtu nanti. Kejadian langka alam ini adalah yang terlama di Abad 21 dengan durasi keseluruhan 6 jam 14 menit.