InternasionalTak Berkategori

Berubah Pikiran, Inggris Tak akan Ikuti AS Perangi Iran

LONDON, SENAYANPOST.com – Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt mengatakan, Inggris tidak mengharapkan Amerika Serikat (AS) untuk meminta agar Inggris bergabung dalam perang dengan Iran. London, ungkap Hunt, kemungkinan tidak akan setuju untuk bergabung dengan konflik semacam itu.

“AS adalah sekutu terdekat kami, kami berbicara dengan mereka sepanjang waktu. Kami mempertimbangkan setiap permintaan yang mereka katakan dengan hati-hati, tetapi saya tidak dapat membayangkan situasi apa pun di mana mereka meminta atau kami setuju dengan setiap langkah untuk berperang,” ucap Hunt, seperti dilansir Reuters pada Selasa (25/6).

Pernyataan ini berbanding terbalik dengan apa yang disampaikan Hunt sebelumnya. Di mana, Hunt mengatakan London mungkin akan mempertimbangkan permintaan Washington untuk dukungan militer.

Hunt, yang mencalonkan diri melawan Boris Johnson untuk menjadi pemimpin Partai Konservatif, telah berjanji untuk mendukung AS, bahkan jika konfrontasinya dengan Iran mengarah pada konflik militer.

Sementara itu, di kesempatan yang sama Hunt menegaskan bahwa Inggris tetap berpegang teguh pada kesepakatan nuklir dan mengharapkan Iran akan tetap mempertahankan kesepakatan tersebut.

“Pesan yang kami kirimkan dengan mitra kami di Uni Eropa khususnya Perancis dan Jerman adalah bahwa sehubungan dengan program nuklir Iran, ini adalah minggu yang penting. Sangat penting bahwa mereka (Iran) tetap berpegang pada kesepakatan itu secara keseluruhan untuk melestarikan dan bagi kita untuk memiliki Timur Tengah bebas nuklir,” tukasnya.

KOMENTAR
Show More
Back to top button
Close
Close