Peristiwa

Berteriak “Semua Orang Yahudi Harus Mati”, Seorang Pria Bunuh 8 Orang di Sinagog AS

PITTSBURG, SENAYANPOST.com – 8 orang telah dikonfirmasi tewas dalam penembakan Sabtu (27/10/2018) di sebuah sinagoga di Pittsburgh, menurut CBS Pittsburgh.

Pria bersenjata itu berteriak, “Semua orang Yahudi harus mati” ketika dia memasuki Sinagog Tree of Life, sebuah jemaat Konservatif, di kota dan mulai menembak, lapor media setempat. Dia terlibat dalam tembak-menembak dengan petugas polisi dan membarikade dirinya di dalam gedung sebelum dilaporkan menyerah. Dia dikatakan terluka.

KDKA-TV, stasiun berita lokal, mengatakan sumbernya mengidentifikasi tersangka sebagai Robert Bowers, seorang pria kulit putih berusia 40-an.

Dia dikatakan telah menulis konspirasi anti-Semit dan anti-imigran di Gab, jaringan sosial alt-right yang mirip dengan Twitter. Pesan terakhir yang dilaporkannya berbunyi: “HIAS suka membawa penyerbu untuk membunuh orang-orang kita. Saya tidak bisa duduk dan menonton orang-orang saya dibantai. Sekrup optik Anda, saya akan masuk. ”

HIAS adalah organisasi nonprofit Amerika-Yahudi yang memberikan bantuan kemanusiaan kepada pengungsi dan imigran.
Sejumlah orang yang tidak diketahui juga terluka dalam penembakan itu, di antaranya polisi, menurut pihak berwenang.

Sinagoga ini terletak di sudut Wilkins dan Shady Avenues di lingkungan Squirrel Hill, sekitar 10 menit dari pusat kota Pittsburgh. Lingkungan ini sangat Yahudi.

Sinagog mengadakan layanan keagamaan mingguan untuk jemaat dan pengunjung pada hari Sabtu, hari sabat Yahudi. Layanan sedang berlangsung pada saat penembakan di sinagoga pada Sabtu pagi sekitar pukul 10:00 waktu setempat. Congregants menjadi tuan rumah upacara pemberian nama bayi pada saat itu, menurut laporan.

Michael Eisenberg, mantan presiden Tree of Life Synagogue, mengatakan kepada KDKA bahwa ada sekitar 50 orang di dalam sinagoga pada saat penembakan.

“Pada pukul 9:45 ada tiga kebaktian sidang simultan yang diadakan,” katanya kepada stasiun berita.

“Di bagian utama bangunan, Pohon Kehidupan memiliki layanan sekitar 40 orang di dalamnya. Tepat di bawah bahwa ada area basement di mana jemaat New Life akan memiliki layanan Sabat mereka. Akan ada 30-40 orang. Hanya bersebelahan dengan area layanan Tree of Light, sebuah sidang berada di ruang belajar rabbi dan mereka akan memiliki sekitar 15 orang di sana. ”

CBS Pittsburgh melaporkan bahwa polisi menerima beberapa panggilan dari orang-orang di dalam sinagoge ketika penembakan itu berlangsung.

Petugas polisi, tim SWAT, petugas pemadam kebakaran, dan layanan ambulans menanggapi serangan itu.

“Ada penembak aktif di area Wilkins dan Shady. Hindari area tersebut, ”Departemen Keselamatan Publik Pittsburgh menulis dalam tweet Sabtu ketika syuting dimulai.

Jeff Finkelstein dari Federasi Yahudi Greater Pittsburgh mengatakan kepada WPXI bahwa petugas keamanan organisasi telah memberi tahu semua sinagog JCC dan bahwa mereka berada di kuncian yang dimodifikasi.

Gubernur Pennsylvania Tom Wolf menyebut penembakan itu sebagai tragedi.

“Kita semua harus berdoa dan berharap tidak ada lagi korban jiwa,” kata Wolf. “Tapi kami telah mengatakan“ yang ini terlalu banyak ”terlalu lama. Senjata berbahaya menempatkan warga kita dalam bahaya. ”

Yizhar Hess, direktur eksekutif dan CEO Gerakan Konservatif di Israel, yang dikenal sebagai Masorti, mengatakan dalam sebuah pernyataan Sabtu bahwa “sulit untuk membayangkan kebencian yang menuntun seseorang untuk melepaskan tembakan di sebuah sinagog.”

Presiden Israel Reuven Rivlin mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Pikiran dan doa kami adalah dengan mereka yang terpengaruh oleh peristiwa di Pittsburgh, Pennsylvania. Kami memikirkan ‘saudara-saudari kita, seluruh keluarga Israel, pada masa kesusahan ini’, seperti yang kita katakan dalam doa pagi. Kami memikirkan keluarga orang-orang yang dibunuh dan berdoa untuk pemulihan cepat mereka yang terluka. Saya yakin bahwa lembaga penegak hukum dan otoritas hukum di AS akan menyelidiki peristiwa mengerikan ini secara menyeluruh dan bahwa keadilan akan disajikan pada pembunuh yang hina. ”

Menteri Urusan Diaspora Israel Naftali Bennett mengatakan: “Negara Israel dan Pemerintah Israel terkejut dan sedih untuk menerima laporan tentang serangan mengerikan terhadap komunitas Yahudi di Pittsburgh.”

“Kami mengikuti berita dengan penuh perhatian, dan saya telah menginstruksikan Kementerian Urusan Diaspora untuk bersiap membantu masyarakat dengan segala cara yang memungkinkan. Hati kami pergi ke keluarga orang-orang yang terbunuh dan terluka. Semoga ingatan orang yang terbunuh diberkati, ”katanya.

Presiden AS Donald Trump tweeted bahwa serangan itu “jauh lebih dahsyat dari yang diperkirakan semula.”

Dia juga berbicara kepada wartawan Sabtu di Pangkalan Angkatan Udara Andrews sebelum bepergian ke Indianapolis, mengatakan kekerasan “harus berhenti.”

Trump juga mengatakan bahwa hasilnya mungkin berbeda jika sinagoge “memiliki semacam perlindungan” dari seorang penjaga bersenjata dan menyarankan bahwa itu mungkin merupakan ide yang baik untuk semua gereja dan sinagog.

Dia juga mengatakan penembak seperti itu harus menerima hukuman mati dan “menderita harga tertinggi.”

Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders tweeted: “Sedih dan terkejut oleh tindakan pengecut kejahatan yang dilakukan di Tree of Life Synagogue di Pittsburgh. Kami berdiri dalam solidaritas total dengan para korban dan semua komunitas Yahudi melawan kefanatikan dan kebencian.”

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close