Nasional

Bertemu Jokowi, Tokoh Papua Usul Pemekaran hingga Pembentukan Badan Khusus

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sebanyak 61 tokoh Papua dan Papua Barat menyampaikan sejumlah aspirasi untuk membangun Papua sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Aspirasi itu mereka sampaikan saat bersilaturahmi dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Ketua DPRD Provinsi Papua Abisai Rollo yang juga hadir sebagai salah satu perwakilan tokoh Papua, menyampaikan sejumlah poin-poin aspirasi dalam rangka membangun Papua ke depannya. Mulai dari usulan pemekaran daerah-daerah hingga pembangunan asrama nusantara di seluruh kota di Indonesia.

“Kita minta pemekaran, kedua pembentukan Badan Nasional Urusan Tanah Papua, ketiga penempatan pejabat eselon satu dan dua di tingkat kementerian dan pembangunan asrama nusantara di seluruh kota, dan menjamin keamanan mahasiswa Papua,” kata Abisai.

Abisai juga meminta pemerintah untuk merevisi UU Otonomi Khusus (UU Otsus) dalam Prolegnas 2020, adanya pengangkatan tenaga honorer menjadi ASN, hingga percepatan pembangunan satelit Palapa Ring di Papua.

“Usulan revisi UU Otsus dalam Prolegnas 2020, menerbitkan Inpres untuk pemgangkatan ASN, honorer di Tanah Papua, percepatan Palapa Ring Timur Papua, Bapak Presiden mengesahkan Lembaga Adat Perempuan dan Anak Papua,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, mereka juga meminta agar pemerintah dapat membangun Istana Kepresidenan di Papua. Agar ketika Jokowi datang ke Papua bukan hanya sekadar berkunjung, namun sekaligus berkantor di sana.

“Membangun Istana Kepresidenan RI di Papua, di ibu kota provinsi Papua di Kota Jayapura. Sehingga perjalanan Bapak Presiden ke Papua diubah dari berkunjung ke Papua dan (menjadi) berkantor di Papua,” ujarnya.

“Saya minta dengan hormat membangun Istana Kepresidenan di Papua. Pak Jokowi bisa berkantor pertama di Papua,” pungkasnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close