Internasional

Bersitegang dengan Saudi, Jemaah Haji Kanada Waswas

OTTAWA, SENAYANPOST.com – Hubungan Arab Saudi dan Kanada yang sedang tak harmonis dikhawatirkan bakal berimbas pada ketenangan ibadah haji tahun ini. Penduduk muslim Kanada mengaku cemas dengan krisis diplomatik tersebut.

Melansir The Star, Minggu (12/8), biro perjalanan Eco Travels di Kanada menyebutkan, banyak penduduk Kanada memilih melakukan ibadah haji melalui penerbangan dari negara lain di Eropa.

Di sisi lain, jemaah mengaku tetap khawatir tentang penerimaan mereka ketika sampai di Saudi.

“Orang-orang agak khawatir karena kemungkinan reaksi saat berada di sana,” ucap Aminah Aboughoushe, karyawan Eco Travels.

“Yang terbaik adalah, jangan membicarakan politik dengan penduduk setempat,” imbuhnya.

Beberapa biro perjalanan lain terpaksa mengubah tiket menuju Saudi karena kebanyakan jemaah memesan penerbangan dari Toronto.

“Kami tidak punya penerbangan langsung ke Arab Saudi. Penerbangan kami akan menuju ke Eropa dengan maskapai Air Canada,” kata Aboughoushe.

Sementara itu, berdasarkan data dari Dewan Nasional Muslim Kanada (NCCM), penduduk Kanada yang dijadwalkan berpergian ke dan dari Saudi menggunakan maskapai Saudia Arabian Airlines atau Saudia harus kembali setelah 13 Agustus 2018.

Mereka harus menghubungi untuk maskapai penerbangan atau agen perjalanan masing-masing guna mencari alternatif perjalanan pulang.

Maskapai Saudia akan menangguhkan semua penerbangan langsung ke Toronto pada pekan depan.

“Turis yang gagal membuat pemesanan tiket alternatif bakal dicegah kembali ke Kanada sehingga berisiko terjebak di Saudi untuk waktu yang tidak ditentukan,” kata juru bicara NCCM, Leila Nasr.

Arab News melaporkan, sebanyak lebih dari 1,3 juta jemaah haji diperkirakan akan sampai di Saudi pada tahun ini selama penyelenggaraan ibadah haji. Pemerintah Saudi akan memulai ibadah haji pada 19 Agustus 2018. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close