Nasional

Beredar Foto Konyol Abege yang Injak Patung Pahlawan, Polisi Cek Lubang Buaya

 

Sabtu 07 May 2016, 13:12 WIB

Ahmad Ziaul Fitrahudin, – detikNews

Jakarta – Jagat media sosia heboh gara-gara pose remaja tanggung alias anak baru gede (Abege) berfoto ria menginjak patung pahlawan. Ribuan orang di facebook mengecam ulah remaja tanggung yang dianggap tak menghormati monumen untuk pahlawan.
Banyak yang menyangka foto para abege itu diambil di Monuman Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Cipayung, Jaktim. Tak heran kalau kemudian polisi mengecek lokasi Lubang Buaya.

Seperti siang ini, Sabtu (7/5/2016), Kapolsek Cipayung Kompol Dedi Wahyudi mendatangi Monumen Pancasila Sakti. Dia mengaku melakukan pengecekan laporan terkait foto yang beredar tersebut.

Beredar foto 2“Kita cek. Karena setahu kita di sini selalu koordinasi dengan keamanan, Dan ternyata itu kan tidak benar di wilayah sini, tadi kalau nggak salah di wilayah Sumatera, kan setiap provinsi ada, biasanya ditaruh di Taman Makam Pahlawan, kemungkinan besar itu di Taman Makam Pahlawan,” jelas Dedi.

Dedi menjelaskan, ulah abege itu bisa dijerat dengan pidana hate speech karena di media sosial menyebarkan kebencian dan menghina lambang negara.

Sedang menurut penjaga Monumen Pancasila Sakti, Agus, foto itu tak mungkin diambil di kawasan Lubang Buaya.

“Dari gambar, Ini beda dari warna burungnya. Di (foto) ini kan burungnya beda, pendek, di sini tinggi. Kan dari pahlawannya (yang di foto) ada yang maju di depan satu, di sini sama rata semua (sejajar). Ini juga lagi pengecekan dari Kapolsek. Dari gambar juga udah beda,” ujar Agus.

Diketahui foto-foto ini dishare oleh sebuah akun di Facebook milik Fani. Dia mengupload foto-foto itu di akunnya pada 26 April lalu. Dia menuliskan, kelakuan remaja tanggung ini sungguh tak pantas.

“sungguh tidak punya otak dan moral manusia seperti ini,..MOHON DI SHARE AGAR MEREKA DI TANGKAP OLEH PIHAK YG BERWAJIB,.” tulis Fani seperti dikutip, Sabtu (6/5/2016).
Belum diketahui identitas remaja tanggung yang di dalam foto. Belum diketahui juga kapan foto-foto ini diambil oleh pelaku. Tak jelas juga apakah foto itu asli atau tidak.

Anda punya informasi mengenai remaja yang berpose tak pantas di monumen Pancasila Sakti itu? Silakan berbagi ke redaksi@detik.com. (dra/dra)

Sumber:

http://news.detik.com/berita/3204975/beredar-foto-konyol-abege-yang-injak-patung-pahlawan-polisi-cek-lubang-buaya

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close