Bercerai, Bill Gates Transfer Saham Rp34 T ke Melinda

Bercerai, Bill Gates Transfer Saham Rp34 T ke Melinda
Bill Gates dan Melinda

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Bill Gates dan istrinya Melinda mengumumkan perceraiannya awal pekan ini. Dikabarkan Bill Gates harus mentransfer saham senilai US$2,4 miliar atau Rp34 triliun kepada Melinda.

Demikianlah dikutip dari detikcom yang menulis berdasarkan dokumen yang didaftarkan ke Securities and Exchange Commission pada 3 Mei 2021. 

Transfer dilakukan oleh firma investasi Cascade Investment yang dikendalikan oleh Bill Gates.

Setelah pengalihan ini, kekayaan Bill Gates berkurang dari USD130,4 miliar menjadi USD128,1 miliar. Meski sudah mentransfer miliaran dolar, pendiri Microsoft ini masih tetap bertahan sebagai orang terkaya keempat di dunia.

Melinda mendapatkan 2,94 juta saham perusahaan AutoNation yang bernilai USD309 juta, dan 14,1 juta saham Canadian National Railway Co., senilai USD1,5 miliar.

Bill Gates juga memberikan Melinda 25,8 juta saham Coca-Cola Femsa senilai USD120 juta, dan 155,4 juta saham perusahaan media asal Meksiko Grupo Televisa SA yang bernilai USD386 juta, seperti dikutip CNBC Indonesia dari Forbes, Jumat (7/5/2021).

Bill Gates menggunakan Cascade Investment untuk mengelola kekayaannya, termasuk hasil dari penjualan saham Microsoft. Ia dulunya merupakan salah satu pemegang saham signifikan, tapi saat ini ia memiliki kurang dari 1%.

Saham Microsoft yang dipegang Bill Gates sebagian besar telah disumbangkan untuk yayasan amal keluarganya Bill & Melinda Gates Foundation atau dijual dalam beberapa tahun terakhir.

Transfer saham ini hampir dipastikan merupakan bagian dari kesepakatan perceraian antara Bill Gates dan Melinda. Keduanya dikabarkan tidak memiliki perjanjian pra nikah, dan Melinda telah meminta pengadilan di Washington untuk membagi kekayaan mereka berdasarkan ketentuan di kontrak pemisahan.