Nasional

Berbujet Rp 3,5 T, Pembangunan Kampus UIII Masuk Proyek Strategis Nasional

DEPOK, SENAYANPOST.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meletakkan batu pertama pembangunan kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). Pembangunan kampus yang berlokasi di Cimanggis, Depok, itu menelan dana Rp 3,5 triliun.

“Setelah dihitung-hitung habisnya berapa, dilaporkan ke saya kurang lebih Rp 3,5 triliun dan sudah saya masukan ke proyek strategis nasional,” ujar Jokowi saat acara peletakkan batu pertama di kampus UIII Depok, Jawa Barat, Selasa (5/6/2018).

Untuk saat ini, pemerintah telah menganggarkan pembangunan kampus tersebut sebesar Rp 700 juta. Pembangunan juga masuk ke dalam proyek strategis nasional.

[ads2}

“Selesai total 4 tahun. Tahun depan insyaallah sudah bisa kita gunakan untuk 1, 2, 3 mata kuliah yang sudah kita siapkan. Kita berharap, ide-ide yang ada ini bisa mempercrpat hadirnya kesejahteraan umat bagi seluruh masyarakat Indonesia yang mewujudkan negeri yang baldatun toyyibatun wal ghofurrur rahim,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan soal anggaran pembangunan kampus UIII. Anggaran sebesar Rp 3,5 trilun tak seluruhnya ditanggung negara.

Untuk tahun ini ada uang Rp 600 miliar diambilkan dari Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA BUN) dari APBN. Sebesar Rp 600 miliar itu baru diusulkan ke Kementerian Keuangan. Adapun kekurangannya hingga bisa mencapai Rp 3,5 riliun akan menggunakan hibah yang diurus Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

“Hibah dari banyak negara, itu urusannya Pak Wapres,” kata Basuki usai rapat terbatas bersama Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (18/1/2018).

 

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close