Berapa Hasil ORI020 Jika Berinvestasi Rp1 Juta, Rp100 Juta, dan Rp2 Miliar?

Berapa Hasil ORI020 Jika Berinvestasi Rp1 Juta, Rp100 Juta, dan Rp2 Miliar?
Rupiah

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Pemerintah kembali menawarkan Obligasi Negara Ritel (ORI) kepada masyarakat dengan seri ORI020 sebagai alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan. Penjualan ORI020 dilakukan secara online melalui e-SBN dengan masa penawaran pada 4-21 Oktober 2021.

Masyarakat yang berminat untuk berinvestasi di ORI020 saat ini dapat melakukan registrasi dengan cara menghubungi 27 mitra distribusi yang telah ditetapkan melayani pemesanan pembelian secara langsung melalui sistem elektronik (layanan online). Masyarakat dapat memesan ORI020 mulai dari Rp1 juta hingga Rp2 miliar dengan kelipatan Rp1 juta.

Adapun pemerintah menetapkan PPh final untuk ORI020 adalah 10 persen dan kupon atau imbal hasil sebesar 4,95 persen per tahun. Dibandingkan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) yang saat ini di level 3,5 persen, maka selisih (spread) imbal hasilnya sebesar 1,45 persen.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), terdapat simulasi imbal hasil ORI020 jika berinvestasi Rp1 juta, Rp100 juta, dan Rp2 miliar. Dari hasil simulasi, imbal hasil yang didapatkan investor jika berinvestasi ORI020 senilai Rp1 juta, maka akan mendapatkan kupon kotor senilai Rp4.125 per bulan, kemudian dipotong pajak 10 persen atau sebesar Rp412, sehingga kupon bersihnya Rp3.713 per bulan.

Sedangkan jika investasi di ORI020 sebesar Rp100 juta, maka investor akan mendapatkan kupon kotor sebesar Rp412.500. Kemudian dipotong pajak 10 persen atau sebesar Rp41.250, sehingga kupon bersihnya menjadi sebesar Rp371.250 per bulan.

Sementara jika berinvestasi ORI020 sebesar Rp2 miliar, maka investor akan mendapatkan kupon kotor sebesar Rp8,25 juta. Kemudian dipotong pajak 10 persen atau sebesar Rp825 ribu, sehingga kupon bersihnya menjadi sebesar Rp7,425 juta per bulan.

Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi, berikut langkah mudah untuk membeli ORI020.

1. Registrasi

Registrasi dapat dilakukan setiap saat bahkan sebelum masa penawaran Surat Berharga Negara (SBN) Ritel dibuka. Calon Investor dapat mendaftarkan diri pada sistem elektronik yang disediakan oleh Mitra Distribusi (Midis), dengan menginput data-data antara lain, data diri, nomor SID (Single Investor Identification), nomor Rekening Dana dan nomor Rekening Surat Berharga.

Bagi Calon Investor yang belum memiliki nomor SID, Rekening Dana, dan/atau Rekening Surat Berharga, dapat menghubungi Midis. Terdapat 18 Midis, terdiri dari bank, perusahaan teknologi finansial, dan perusahaan sekuritas. Anda dapat melihatnya di https://www.kemenkeu.go.id/ori.

2. Pemesanan

Setelah registrasi berhasil, calon investor melakukan pemesanan ORI020 dengan sebelumnya membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi. Pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran ORI020.

3. Pembayaran

Setelah pemesanan diverifikasi (verified order), calon investor mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui email/SMS sesuai kebijakan masing-masing Midis.
Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui bank persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking), pos, atau lembaga persepsi lainnya dalam batas waktu yang ditentukan.

4. Konfirmasi

Setelah pembayaran, calon investor akan memperoleh Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) dan notifikasi completed order. Calon investor juga akan memperoleh alokasi ORI020 pada tanggal setelmen/penerbitan. Setelah setelmen, investor dapat meminta Bukti Konfirmasi Kepemilikan ORI020 kepada Midis.