Lintas Daerah

Berani Mudik ke Jombang? Siap-siap Karantina 14 Hari di Gedung SD

JOMBANG, SENAYANPOST.com – Mudik memang sudah menjadi bagian dari tradisi bangsa Indonesia saat Lebaran. Namun bagi warga Jombang, Jatim, yang berada di perantauan jangan coba-coba nekat mudik di saat pandemi covid-19 ini.

Karena Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menerapkan prosedur ketat bagi warganya yang mudik.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab mengatakan, bagi warga Jombang di luar kota atau luar negeri yang nekat mudik ke kampung halamannya, wajib menjalani karantina selama 14 hari sebelum bisa tinggal di rumah masing-masing.

Mundjidah juga menyebutkan, karantina bakal dilakukan di gedung sekolah dasar (SD), sebelum tinggal di rumah masing-masing.

“Dari awal sudah kami sampaikan, untuk warga Jombang yang di luar kota atau luar negeri, jangan pulang dulu. Kalau masih nekat pulang, maka terpaksa harus karantina dulu selama 14 hari,” kata Mundjidah Wahab, di Pendopo Kabupaten Jombang, Rabu (22/4/2020).

Dia mengungkapkan, sebanyak 306 desa dan kelurahan di Kabupaten Jombang telah menyiapkan gedung SD sebagai tempat karantina bagi para pemudik dari luar kota dan luar negeri.

Saat ini, sebut Mundjidah, tercatat ada 1.204 orang yang pulang dari luar daerah dan luar negeri, menjalani karantina di gedung SD.

“Sekarang yang menjalani karantina ada 1.204. Itu (lokasinya) menyebar di seluruh Kecamatan. Ada TKI juga, dari Malaysia ada, ada yang dari Australia,” ungkap dia.

Mundjidah menambahkan, selama menjalani karantina di gedung SD, kondisi kesehatan para pemudik dipantau oleh petugas dari Dinas Kesehatan.

Para pemudik akan diizinkan pulang ke rumah masing-masing setelah menyelesaikan masa karantina selama 14 hari.

Sementara itu, perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Jombang, hingga Rabu siang tercatat ada 7 pasien positif Covid-19. Saat ini, ketujuh pasien positif corona tersebut sedang menjalani perawatan di RSUD Jombang.

Selain 7 pasien positif Covid-19, terdapat 3 pasien yang masuk dalam kategori pasien dalam pengawasan (PDP). (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close