Internasional

Berangkat 25 Detik Lebih Awal, Perusahaan Kereta Jepang Minta Maaf

TOKYO, SENAYANPOST.com – Jika di Indonesia, telat sudah seperti menjadi budaya, tapi tak seperti di Jepang. Ritme kehidupan di Negeri Sakura ini sangat disiplin dan tepat waktu. Bahkan, sebuah perusahaan kereta api di Jepang meminta maaf karena sebuah kereta berangkat 25 detik lebih cepat dari jadwal.

Pasalnya, jadwal kereta api Jepang dikenal amat tepat sehingga ketidaksesuaian dengan jadwal meski hanya beberapa detik dianggap sebuah kesalahan.

Alhasil, West Japan Railways atau JR-West membuat permintaan maaf resmi saat sebuah kereta api meninggalkan stasiun Notogawa pada pukul 07.11 dan 35 detik. Lebih cepat 25 detik dari jadwal seharusnya yaitu pukul 07.12.

Padahal, kereta api dengan tujuan stasiun Nishi-Akashi di prefektur Hyogo tiba di Notogawa tepat pada waktu yang dijadwalkan.

Namun, juru bicara JR-West menggambarkan insiden itu tak boleh terjadi karena beberapa penumpang tak terangkut karena kereta berangkat lebih cepat.

Salah seoarang penumpang bahkan mengajukan keluhan kepada petugas stasiun yang menyampaikan hal itu kepada JR-West.

Lewat pernyataan persnya, JR-West menegaskan telah melakukan investigasi terkait insiden yang terjadi pada Jumat (11/5/2018).

Berdasarkan hasil investigasi menunjukkan sang kondektur “salah memahami” sinyal di stasiun sehingga berangkat lebih awal.

Hal serupa pernah terjadi pada musim gugur tahun lalu, ketika sebuah kereta dari Tokyo menuju kota Tsukuba berangkat 20 detik lebih cepat. Akibatnya, operator Tsukuba Ekspress harus merilis sebuah permintaan maaf publik lewat media sosial, meski saat itu tak ada penumpang yang mengajukan keluhan.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close