Bengkulu Diguncang Gempa M 5,0, Warga Panik-Lari ke Luar Rumah

Bengkulu Diguncang Gempa M 5,0, Warga Panik-Lari ke Luar Rumah
Gempa

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Gempa dengan kekuatan Magnitudo 5,0 terjadi di Bengkulu. Getaran terasa di Kota Bengkulu hingga membuat masyarakat panik dan keluar rumah.

Nizar salah seorang warga Kelurahan Pematang Gubernur, Kecamatan Muarabangkahulu, sempat keluar rumah karena gempa terasa cukup lama. Setelah menunggu beberapa menit, dia kembali ke dalam rumah setelah yakin keadaan aman.

"Awalnya terasa kecil tapi cukup lama dan jendela rumah seperti bergetar, takut besar lari ke luar rumah," kata Nizar saat dikonfirmasi (21/11).

Menurut data dari Badan Meteorologi, Kalimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut terjadi pada pukul 23.58 WIB. Pusat gempa berada laut, 55 kilometer barat daya Bengkulu.

"Kedalaman 10 km. Dirasakan (MMI) III-IV Kota Bengkulu, II Kepahiang," tulis BMKG.

II MMI adalah, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. III MMI berarti. getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Sementara IV MMI adalah Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Gempat tersebut tidak berpotensi tsunmi. Belum ada informasi ada tidaknya kerusakan dan korban akibat gempa tersebut.