Pendidikan

Benahi ‘Mindset’ Mahasiswa Agar Tak Terpapar Radikalisme

BANDARLAMPUNG, SENAYANPOST.com – Agar tidak mudah terpapar paham radikalisme dan isu SARA, di dalam lingkungan kampus yang perlu dibenahi adalah mindset mahasiswanya.

“Agar tidak gampang terpengaruh hal berbau radikal maupun SARA, ini titik balik kita, momen untuk membenahi pola pikir,” ujar Wakil Dekan Fakultas Hukum Unila I Gede AB Wiranata, usai seminar antiradikalisme di ruang E4 FH Unila, Bandarlampung, Lampung, Sabtu (1/9/2018).

Menurutnya, dengan berbasis aneka keberagaman yang ada, mahasiswa harusnya saling memahami dan mengutamakan toleransi. “Banyak (seminar atau gerakan) anti radikalisme tetapi faktanya masih terus (ada) paham itu. Pikiran yang nyeleneh itu dipinggirkan. Harus katakan tidak untuk radikal,” tegasnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandarlampung, Herman HN, mengisi seminar anti radikalisme di Gedung E4 fakultas Hukum Universitas Lampung, meminta mahasiswa untuk tidak melibatkan diri dengan hal-hal yang berkaitan dengan aksi radikalisme.

“Saya tekankan, jangan sampai terlibat aksi radikal, terutama di lingkungan kampus dan tempat kosan,” kata Herman.

Terlebih, jelas dia, saat ini lingkungan kampus menjadi salah satu tempat masuknya paham radikalisme apabila mahasiswa sampai salah pergaulan. (AF)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close