Internasional

Belum Sampai 24 Jam, Donasi Tabungan Harapan Malaysia Terkumpul Rp24 Miliar

PUTRAJAYA, SENAYANPOST.com – Pemerintah Malaysia membuka rekening donasi yang dimaksudkan untuk mengajak warganya ikut membantu melunasi utang Negeri Jiran itu sebesar 1 triliun ringgit atau sekitar Rp3.500 triliun.

Rekening donasi bernama Tabungan Harapan Malaysia atau Hope Fund itu dibuka Rabu (30/5).

Nah, hanya dalam kurun waktu 24 jam setelah resmi dibuka, donasi yang terkumpul dalam Tabungan Harapan Malaysia telah mencapai lebih dari 7 juta ringgit atau sekitar Rp24 miliar, pada Kamis (31/5/2018) sore, pukul 15.00 waktu setempat.

“Ini benar-benar pencapaian yang luar biasa,” kata Menteri Keuangan Malaysia Lim Guan Eng, dalam pernyataan tertulis yang mengumumkan penghitungan sumbangan sementara dilansir Channel News Asia.

“Sesungguhnya, warga Malaysia telah membawa sikap patriotisme mereka ke tingkat yang lebih tinggi, dengan bersedia menyisihkan uang mereka untuk membangun kembali negeri yang kita semua cintai,” tambahnya.

Lim mengatakan, Kementerian Keuangan merasa malu dengan kemurahan hati warga Malaysia. Juga atas aksi aktivis muda, Nik Shazarina Bakti yang telah lebih dulu menggalang donasi melalui situs online, GoGetFunding.

Hal itu diakui telah menginspirasi pemerintah dalam menyiapkan Tabungan Harapan Malaysia seminggu kemudian.

“Semangat harapan dan persatuan inilah yang akan mendorong pemerintah Pakatan Harapan dalam melangkah maju untuk memenuhi semua janji untuk rakyat,” kata Lim.

Dalam pernyataannya, Lim kembali menegaskan komitmen pemerintah untuk transparan dengan setiap sen dana yang diterima. Jumlah dana yang dikumpulkan juga akan diperbarui setiap hari di situs dan akun media sosial resmi kementerian keuangan. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close