Bisnis

BEI Janji Bersihkan Praktik Saham Gorengan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Bursa Efek Indonesia (BEI) berjanji untuk membersihkan praktik perdagangan saham di luar ketentuan atau yang biasa disebut saham gorengan.

Direktur Utama PT BEI Inarno Djajadi mengatakan hal ini sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam upaya menciptakan aktivitas transaksi yang transparan dan efisien.

“Jadi, sebetulnya tidak ada hal yang baru dan luar biasa. Cuma harus berani melakukan sesuatu. Mulai saat ini agar perdagangan (berlangsung) wajar, transparan dan efisein. Itu tugas kami,” ujar Inarno di Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Dia pun menegaskan BEI akan bertindak sesuai ketentuan yang berlaku, jika ditemukan praktik perdagangan yang melanggar peraturan. “Kalau ada hal yang di luar itu, kami harus berani meluruskan ke koridor yang sesuai aturan,” jelasnya.

Sebelumnya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyinggung transaksi tidak sehat atau yang disebut goreng saham saat membuka perdagangan bursa perdana di 2020.

Menurutnya saham gorengan yang masih terjadi tentunya merugikan masyarakat, karena itu Ia meminta kepada seluruh jajaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk membersihkan pasar modal.

“Jangan sampai ada lagi dari 100 digoreng-digoreng jadi 1.000, goreng-goreng jadi 4000. Ini menyangkut kepercayaan yang akan kota bangun. Praktik goreng-gorengan saham yang menimbulkan korban dan kerugian tidak boleh ada lagi,” kata Jokowi.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close