Ekonomi

BEI: Buyback Saham Tanpa RUPS Capai Rp1,57 Triliun

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gede Nyoman Yetna menyebutkan realisasi pembelian kembali (buyback) saham tanpa melalui mekanisme Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) mencapai Rp1,57 triliun per 27 Mei 2020 lalu.

Nilai ini setara dengan 8,1 persen dari rencana total nilai buybcak saham Rp19,45 triliun.

“Sudah meningkat jumlah yang akan melakukan buyback baik perusahaan maupun nilainya,” kata I Gede Nyoman Yetna di Jakarta, Kamis (28/5/2020).

Total nilai buyback yang telah dilakukan oleh perusahaan BUMN adalah sebesar Rp326 miliar atau 3,2 persen dari total rencana buyback seluruh perusahaan BUMN.

Sedangkan perusahaan non BUMN adalah sebesar Rp1,24 triliun atau 13,4 persen dari total rencana buyback seluruh perusahaan non BUMN.

Total perusahaan tercatat yang berencana melakukan buyback saham sendiri sebesar 68 perusahaan tercatat yang terdiri dari 12 perusahaan BUMN dan 56 perusahaan non BUMN.

Perusahaan BUMN direncanakan akan melakukan buyback senilai Rp10,15 triliun, sedangkan perusahaan non BUMN akan melakukan buyback saham senilai Rp9,3 triliun.

Adapun jumlah perusahaan yang sudah melakukan buyback saham sebanyak 47 perusahaan, terdiri dari tujuh perusahaan BUMN dan 40 perusahaan non BUMN.

Sementara itu, yang belum melaksanakan buyback saham sebanyak 21 perusahaan, terdiri dari lima perusahaan BUMN dan 16 perusahaan non BUMN. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close