Begini Cara Quartararo Gagalkan Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020

Begini Cara Quartararo Gagalkan Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Kemenangan Fabio Quartararo pada MotoGP 2020 menyisakan banyak tanya. Karena secara hitung-hitungan, sangat kecil kemungkinannya ia bisa menggeser posisi Joan Mir.

Karena Fabio Quartararo tertinggal 37 angka dari Joan Mir dalam klasemen MotoGP 2020. 

Selain itu, Joan Mir jelas di atas angin seiring keberhasilan mencatat selisih 37 poin atas Quartararo dan Alex Rins dengan dua seri tersisa di kalender MotoGP 2020.

Lantas bagaimana ia bisa menempati posisi paling puncak? Berikut cara Quartararo menggagalkan Joan Mir untuk jadi juara dunia MotoGP.

Meski berat, secara matematika Quartararo masih mungkin menggagalkan Joan Mir untuk jadi juara dunia MotoGP 2020. Joan Mir saat ini memiliki 162 poin sedangkan Quartararo mengoleksi 125 poin. Bila poin kedua pembalap sama di akhir musim, Quartararo yang bakal jadi juara dunia karena punya jumlah kemenangan seri lebih banyak.

Berikut cara yang harus dilakukan oleh Quartararo untuk bisa menggagalkan ambisi Joan Mir dan kemudian berbalik merebut gelar juara dunia:

1. Fabio Quartararo memenangkan dua seri tersisa dan Joan Mir hanya mendapat tambahan 13 poin atau kurang di dua seri terakhir.

Dengan demikian Quartararo akan memiliki koleksi 275 poin. Bila Joan Mir juga menambah catatan 13 poin di dua seri terakhir, poin kedua pembalap sama. Namun Quartararo akan juara dunia karena punya jumlah kemenangan seri lebih banyak.

2. Fabio Quartararo sekali menang dan satu kali runner up di dua seri terakhir serta Joan Mir hanya mendapatkan tambahan delapan poin atau kurang di dua seri terakhir.

Catatan satu menang dan satu runner up membuat Quartararo punya koleksi 270 poin. Bila Joan Mir [dan mungkin Alex Rins] juga punya poin sama, Quartararo yang bakal jadi juara dunia karena keunggulan kemenangan seri.

3. Fabio Quartararo sekali menang dan satu kali berdiri di podium ketiga serta Joan Mir hanya mendapatkan empat poin tambahan atau kurang di dua seri tersisa.

Catatan tersebut membuat Quartararo memiliki 166 poin. Bila Joan Mir memiliki nilai sama, Quartararo bakal unggul lewat jumlah kemenangan seri MotoGP.

4. Fabio Quartararo meraih dua runner up sedangkan Joan Mir hanya mendapatkan tambahan tiga poin atau kurang di dua seri tersisa.

Bila Quartararo dan Joan Mir sama-sama memiliki nilai 165 poin, Quartararo bakal unggul dengan selisih kemenangan seri MotoGP.

5. Fabio Quartararo meraih satu kemenangan dan sekali di posisi keempat pada dua seri terakhir sedangkan Joan Mir hanya mendapatkan tambahan satu angka di dua seri terakhir.

Kedua pembalap akan memiliki nilai 163 poin dan Quartararo bakal unggul dengan jumlah kemenangan seri MotoGP yang lebih banyak.

Sebagai catatan, untuk poin 3, 4, dan 5, Fabio Quartararo hanya dipastikan mengungguli Joan Mir namun belum otomatis jadi juara dunia karena masih harus melihat poin yang didapat oleh Alex Rins dalam situasi tersebut. 

Selain Rins, pada poin 4 dan 5, perolehan poin Maverick Vinales juga harus ikut dipantau.

Khusus poin 4, perolehan poin Andrea Dovizioso dan Franco Morbidelli juga perlu diperhatikan seperti halnya Vinales dan Rins dalam penentuan gelar juara.

Seperti halnya Quartararo, Rins juga mengoleksi 125 poin saat ini. Sementara itu Maverick Vinales punya 121 poin sedangkan Dovizioso dan Morbidelli mengoleksi 117 poin. Sejauh ini tinggal enam pembalap yang secara matematika masih punya peluang juara. (Jo)