Nasional

Begini Cara Pesan dan Harga Paketan Makam Mewah San Diego Hills

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pesinetron berparas wajah tampan asal Malaysia, Ashraf Sinclair telah menghembuskan napas terakhirnya pada Selasa, 18 Februari 2020, pukul 04.51 WIB. Suami dari Bunga Citra Lestari ini meninggal dunia akibat dari serangan jantung mendadak.

Di hari itu juga tepatnya pada sore hari setelah keluarga besar dari Malaysia berkumpul di rumah duka, Jenazah Ashraf langsung diberangkatkan untuk dimakamkan di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat. Lokasi makam Ashraf sendiri berada di komplek Al Majid, L 12 A.

Menyoal tempat pemakaman Ashraf, sebagian besar orang menyebut San Diego Hills adalah pemakaman khusus para kalangan miliarder Indonesia saja. Namun, untuk mengetahui lebih luas mengenai San Diego Hills, simak ulasannya berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari https://www.sandiegohills.co.id/ dan sumber terkait lainnya.

Asal Mula San Diego Hills

San Diego Hills merupakan kompleks pemakaman untuk keluarga yang didesain nyaman dan mewah milik Lippo Group yang dibangun pada 2007. Ide pembangunan makam elit ini pun cukup sederhana.

Dikutip dari kompas.com pendiri Lippo Group Mochtar Riady memindahkan makam orang tuanya dari Malang ke Karawang yang sekarang menjadi lokasi San Diego Hills pada tahun 2000an. Pemindahan makam ini dilakukan karena setiap kali berziarah ke makam umum di Malang, Mochtar selalu merasa tidak nyaman dengan suasana pemakaman.

Berjalannya waktu, Mochtar berpikir tak ada salahnya Lippo membangun memorial park yang bagus dan indah, sehingga nyaman untuk dikunjungi bagi keluarga yang ingin berziarah. Konsep San Diego Hills yang sekarang diterapkan ini adalah hasil belajar pihak Lippo dari salah satu tempat pemakaman di Amerika Serikat, yaitu Forest Lawn Memorial Park.

Ada 3 Nuansa Makam sesuai Kepercayaan dan Agama

Di San Diego Hills Memorial Park memudahkan para keluarga untuk memakamkan orang-orang terkasih di tempat yang layak sesuai dengan kepercayaan dan agama yang dianut. San Diego Hills, menyediakan tiga area besar, yaitu nuansa universal, islam dan chinese. Berikut ulasan dari masing-masing 3 nuansa tersebut:

1. Universal

Area universal ini dikenal juga dengan sebutan Garden of Faith, Hope & Love. Area ini dikhususkan untuk pemakaman orang yang memiliki kepercayaan Kristen, Katolik, dan Budha. Adapun beberapa mansion yang tersedia, antara lain Grace, Serenity, Eden, Starlight, Breathe Of Life (Rumah Abu), Gentleness.

2. Islam

Area pemakaman islam di San Diego Hills sesuai dengan ketentuan-ketentuan syariah yang diajarkan agama islam. Bahkan, sebelum pembangunan area islam ini, pihak San Diego Hills berdiskusi dengan pemuka agama islam terlebih dahulu mulai dari penentuan arah kiblat hingga tata cara penguburan sesuai ajaran islam.

Selain itu konsep area pemakaman ini dirancang Dr. Mona Siddiqui, professor dari Glasgow University jurusan Islamic Studies and Public Understanding, dan juga Janet Benton, konsultan langscape dari Skotlandia sesuai dengan 5 rukun islam yang terdiri dari Syahadat, Sholat, Puasa, Zakat, dan Haji. Adapun mansion yang tersedia di area islam ini, yaitu: Al Jamil, Isyam Al Halim, Mercy, dan Al Maajid.

3. Chiness

Pemakaman area chinese ini dikhususkan untuk orang-orang keturunan Tionghoa. Area pemakaman ini di kenal dengan nama Garden of Prosperity and Joy atau Bai Fu Le Yuan. Konsep pemakaman ini dirancang oleh Mr. Cui Xue Sen seorang lanscaper terkenal dari Shanghai. Hal ini sudah pasti semua lokasi di area ini sesuai dengan perhitungan kaidah Fengshui yang tepat.

Tipe dan Harga Pemakaman di San Diego Hills

Selain nuansa, San Diego Hills juga menawarkan empat tipe pemakaman yang bisa disesuaikan dengan bujet dan kebutuhan keluarga, mulai dari Single Burial yang hanya berkapasitas 1 lubang, Semi Private berkapasitas 2 lubang, Private Estate berkapasitas 4 – 8 lubang dan Peak Estate berkapasitas 18 – 22 lubang dan bisa dibangun gazebo dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Berikut daftar harga pemakaman San Diego Hills yang tergantung dari tipe makam, nuansa yang dipilih:

Biaya Paket Jasa Pemakaman di San Diego Hills

Perlu diketahui, biaya jasa pemakaman ini di luar dari harga pembelian atau pemesanan laham makam.

1. Biaya Paket Standar: Rp22 juta

Jasa Gali lubang dan tutup lubang serta penurunan peti jenazah
2 buah tenda berukuran @ 5 x 5 m dan karpet
Kursi sebanyak 50 kursi
Aqua gelas sebanyak 2 Dus

2. Biaya Paket Deluxe: Rp37,8 juta

Jasa Gali lubang dan tutup lubang serta penurunan peti jenazah
3 buah tenda berukuran @ 6 x 6 m dan karpet, penggunaan tenda luas 108 m2
Kursi sebanyak 100 kursi
Aqua gelas sebanyak 2 Dus

3. Biaya Paket VIP

Jasa Gali lubang dan tutup lubang serta penurunan peti jenazah
3 buah tenda berukuran @ 6 x 6 m dan karpet, penggunaan tenda luas 216 m2
Kursi sebanyak 200 kursi
Aqua gelas sebanyak 2 Dus

4. Biaya Paket VVIP

Jasa Gali lubang dan tutup lubang serta penurunan peti jenazah
3 buah tenda berukuran @ 6 x 6 m dan karpet, penggunaan tenda luas 360 m2
Kursi sebanyak 350 kursi
Aqua gelas sebanyak 2 Dus
Cara Pemesanan Makam San Diego Hills

Sebelumnya perlu diketahui, pembelian atau pemesanan lahan makam di San Diego Hills dibagi menjadi dua tipe, yaitu:

At Need, yang merupakan pembelian makan apabila sudah terjadi kedukaan. Pembayaran tipe ini tentunya harus dilakukan dengan tunai dan harus lunas saat jenazah akan dimakamkan.

Pre Need, pembelian lahan sebelum adanya kedukaan. Keuntungan dalam pembelian pre need ini bisa dicicil. Ditambah lagi, pemesan akan mendapatkan diskon sebesar 10% jika ingin langsung melunaskan. Selain itu juga bebas biaya jasa pemakaman.

Sementara itu, cara pemesanan atau pembelian lahan bisa dilakukan secara langsung di kantornya ataupun online. Berikut pemesanan atau pembelian makam secara online:
Kunjungi website resmi San Diego Hills (https://www.sandiegohills.co.id/)

Hubungi pihak marketing (nomor tertera di website) untuk pemesanan Pemesan akan diminta Foto KTP, No. Hp, dan alamat email Pihak marketing akan memberikan link formulir pemesanan lahan yang harus dilengkapi melalui email atau SMS pemesan.

Setelah mengisi formulir, maka pemesan langsung ke tahap pembayaran yang bisa dilakukan dengan DP terlebih dahulu menggunakan kartu debit atau kartu kredit ke rekening San Diego Hills

Setelah pembayaran lahan makam dinyatakan lunas, dalam waktu 2 – 3 minggu pihak San Diego Hills akan memberikan bukti kepemilikan lahan makam berupa sertifikat (Surat Kolektif Makam) yang akan dikirim ke alamat pemesan

Fasilitas Lengkap San Diego Hills

Jika pemakaman pada umumnya di Indonesia hanya melengkapi fasilitas tempat ibadah saja, San Diego Hills memiliki banyak fasilitas lainnya, antara lain:
Tempat untuk ibadah sebelum pemakaman
Paket pernikahan
Gedung serba guna yang dapat menjamu tamu pelayat sesudah prosesi pemakaman
Restoran Italia yang menawarkan menu special
Fasilitas Olah raga: kolam renang dan jogging track
Foodmart menyediakan kebutuhan sehari-hari
Gift shop & Flower shop yang menyediakan keperluan pemakaman atau cenderamata
Danau seluas 8 Ha, lengkap dengan fasilitas perahu dayung
Marketing Office dengan suasana county club.
Tempat Pemakaman yang Aman dan Nyaman
Jauh berbeda dari tempat pemakaman di Indonesia pada umumnya yang terkesan kotor, tata letaknya berantakan dan menyeramkan. San Diego Hills menjadi tempat pemakaman keluarga yang bukan hanya mewah, tapi sangat aman dan nyaman untuk dikunjungi saat ingin berziarah. Meski harga pembelian lahan makam terbilang fantastis, tapi pembeli atau pemesan lahan cukup sekali bayar, tanpa adanya biaya tahunan dan gratis perawatan makam selamanya. Ditambah lagi fasilitas lengkap yang ditawarkan pihak San Diego Hills.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close