Hot Isu

Beda Kepentingan Demo, Polisi Identifikasi Warga Gunung dan Pantai Papua

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Disinyalir memiliki perbedaan kepentingan dalam melakukan demonstrasi, kini Polisi melakukan identifikasi terhadap kelompok warga yang tinggal di pegunungan dan pantai di Papua dan Papua Barat.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menjelaskan identifikasi itu dilakukan untuk menanggulangi terjadinya demonstrasi berujung kerusuhan di Jayapura baru-baru ini.

“Ya kami identifikasi itu kami analisa jejaring komunikasi yang ada di media sosial (medsos),” kata Dedi di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (30/8/2019).

“Bukan pendatang, ada diksi warga sepanjang garis pantai dengan pegunungan itu dicegah jangan sampai terjadi salah paham. Perkeruh situasi,” ujar Dedi.
Menurut Dedi pemetaan warga laut dan gunung itu,dilakukan untuk mencegah konflik yang terjadi. Pasalnya, dua kelompok itu berbeda kepentingan ketika melakukan unjuk rasa.
“Yang satu hendaki damai yang garis pantai yang di gunung hanya sebagian kecil aja provokasi masyarakat untuk lakukan tindakan anarki itu sedang dikomunikasikan tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat,” tutur Dedi.
Selain itu, Dedi juga membantah adanya evakuasi terhadap warga yang bertempat tinggal di pinggiran laut. Sampai saat ini, hanya sekadar melakukan pencegahan agar tak terjadi kesalahpahaman antara kedua kelompok tersebut.
“Saya sudah komunikasi bidang humas Papua belum ada memang konsentrasi massa di pantai maupun gunung akan turun ke jalan jadi TNI-Polri terus imbau untuk tidak konflik kita cegah sama-sama,” tutup Dedi.
KOMENTAR
Tags
Show More
Close