InternetMedia SosialTeknologi

Bazar Senjata Kecil Dilaporkan Ada di Facebook

CALIFORNIA – Kantor berita New York Times melaporkan bahwa senjata ringan dan kecil dilaporkan dijual di “bazar senjata kecil” Facebook. Pekan ini, Times bahkan memberikan tujuh sampel dari grup mencurigakan yang kini telah ditutup oleh Facebook.
Pada awal 2016, Facebook telah melarang adanya penjualan senjata seperti pistol pribadi maupun amunisinya melalui media sosialnya atau pun Instagram. Namun, Times merujuk pada penemuan Armament Research Services (ARES) yang menggarisbawahi adanya perdagangan senjata secara online di Libya. Penemuan juga berdasarkan laporan Times sendiri pada perdagangan yang sama di Suriah, Irak, dan Yaman.
Penelitian ARES menunjukkan bahwa revolusi 2011 di Libya telah membawa akhir pada regulasi perdagangan senjata di negara tersebut. Stok militer digerebek, senjata kecil dan senjata ringan berada di tangan kelompok bersenjata nonnegara dan penjual swasta.
Berdasarkan studi tersebut, senjata yang dijual termasuk senapan mesin berat, senjata recoilless bahu, peluncur roket, senjata antitank, peluncur granat, dan Man-Portable Sistem Pertahanan Udara (MANPADS).
Kepala Manajemen Global Policy Facebook, Monika Bickert, mengatakan kepada Times bahwa akun satu kelompok dilaporkan tidak ditutup karena hanya menampilkan foto-foto senjata untuk dibahas dan melarang penjualannya. Demikian sebagaimana dilaporkan Foxnews, Jumat (8/4/2016).

(kem)

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close