Lintas Daerah

Bawaslu Temukan 18 ASN di Banten Tak Netral di Pemilu 2019

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menemukan sebanyak 18 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Provinsi Banten tidak netral menjelang perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Mereka berasal dari Pemkot Cilegon 2 orang, Pemkab Serang 6 orang, Pemkab Pandeglang 4 orang dan Pemkot Tangsel 8 orang.

Ketua Bawaslu Banten Didih M Sudi mengatakan, jumlah sebanyak 18 ASN yang dinilai berpihak kepada peserta Pemilu tertentu ini berdasarkan temuan dari awal tahapan Pemilu.

“Yang sedang ditangani sekarang di Kabupaten Pandeglang,” katanya saat dikonfirmasi, Rabu (13/2/2019).

Dia menjelaskan, dari 18 ASN/PNS tersebut memiliki jabatan yang beragam mulai dari staf hingga eselon II. Beberapa kasus ketidaknetralan di Banten ASN sudah masuk tahap rekomendasi ke Komisi ASN.

“Seperti di Tangsel sudah kita rekomendasikan ke KASN,” ujarnya.

Didih mengungkapkan, sanksi untuk ASN beragam ditentukan jabatan masing-masing. Ini mengacu kepada Undang-undang Pemilu tentang ASN dan surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpan RB).

“Kalau pelanggaran parah bisa juga pelanggaran pidana,” jelasnya.

Didih mengimbau ASN untuk netral menjelang pelaksanaan pemilu. Ia juga meminta peserta pemilu tidak melibatkan ASN dalam aktivitas kampanye. “Masih banyak cara lain untuk meraih simpati masyarakat untuk mendulang suara,” tutupnya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close