HukumPolitik

Bawaslu Siapkan Surat Rekomendasi Sanksi Bagi Hasanah dan Asyik

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Selain surat rekomendasi sanksi untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, Sudrajat-Ahmad Syaikhu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga siapkan rekomendasi sanksi kepada Hasanuddin-Anton Charliyan.

“Ya (surat rekomendasi sanksi) bagi kedua-duanya, jangan Asyik aja tapi dua-duanya. Hari ini kita akan kirim ke KPU, kita sampaikan,” ujar Ketua Bawaslu Jawa Barat, Harminus Koto, di Hotel Papandayan Kota Bandung, Rabu (23/5/2018).

Sebelumnya KPU, pasangan Hasanah, serta pasangan Asyik telah dipanggil Bawaslu guna dimintai keterangan atas terjadinya kericuhan yang terjadi pada debat publik kedua Pilgub Jabar di Universitas Indonesia.

Bawaslu mengklaim sudah mengirimkan surat rekomendasi sanksi kepada KPU, namun setelah dikonfirmasi kembali, KPU menyatakan belum menerima surat rekomendasi.

Menanggapi hal tersebut, Harminus berkilah, pemanggilan terhadap KPU hanya untuk dimintai keterangan terkait insiden kericuhan yang terjadi dalam debat, bukan langsung menjatuhkan sanksi.

“Jadi harus diperiksa dulu semuanya. Teroris aja begitu ditangkap, dilihat, diperiksa dulu, ga pas ditangkap langsung dipenjara. Harus diperiksa dulu,” kata dia.

Menurut dia, pemeriksaan terhadap pihak terkait seperti KPU, pasangan Hasanah dan Asyik, sangat penting untuk mengetahui duduk perkara secara mendetail. Setelah mendengar seluruh keterangan pihak yang terlibat, barulah Bawaslu bisa memberikan rekomendasi sanksi.

“Sanksinya KPU yang menentukan, Bawaslu yang merekomendasikannya,” kata dia. (AF)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close