Lintas Daerah

Bawaslu Harus Tegas Hadapi Kampanye Terselubung

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Utara (Sumut) harus lebih tegas menyikapi upaya kampanye terselubung berkedok kegiatan agama yang berpotensi mengarahkan masyarakat memilih calon tertentu.

“Apalagi upaya kamanye terselubung berkedok kegiatan agama itu dilakukan pada masa tenang menjelang pemberian suara pilkada,” kata Pengamat politik dari Universitas Al Azhar, Jakarta, Ujang Komarudin, Senin (25/6/2018).

Ia menambahkan, Bawaslu Sumut harus menyelidiki dan menindak tegas pelakunya karena penyebaran spanduk-spanduk itu melanggar Peraturan KPU dan dikhawatirkan dapat memicu konflik di antara masyarakat pemilih.

“Saya menyayangkan jika Bawaslu Sumut hanya menunggu dan membiarkan terjadinya pelanggaran kampanye pada masa tenang,” katanya.

Direktur eksekutif Indonesia Political Review itu mengingatkan, masyarakat juga harus berperan aktif melaporkan ke penyelenggara Pilkada jika menemukan pihak yang memasang spanduk berisi ajakan memilih calon tertentu pada masa tenang pilkada.

“Ini masa tenang, tidak boleh ada pemasangan spanduk mendukung calon tertentu,” katanya.

Sementara itu, anggota Bawaslu Sumut, Aulia Andri, mengatakan, pada masa tenang menjelang pemberian suara pilkada Sumut, beredar spanduk berisi ajakan sholat subuh berjamaah secara serentak, dan kemudian bersama-sama pergi ke TPS.

Menurut Andri, spanduk-spanduk tersebut isinya dinilai dapat menggiring masyarakat untuk memilih pasangan calon tertentu pada Pilkada Sumut. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close