Internasional

Bau Kaus Kaki Basah Bikin Pesawat Airbus Dikembalikan ke Prancis

NOUMEA, SENAYANPOST.com – Pesawat Airbus jenis baru dilaporkan terpaksa dikembalikan ke Perancis setelah muncul keluhan “bau kaus kaki basah”.

Insiden itu dikabarkan oleh kru kabin ketika pesawat tersebut berada di Caledonia Baru yang berlokasi di kawasan Pasifik.

Awalnya, Airbus A-330neo menjalani perbaikan pada 4 Oktober sebagai bagian dari peremajaan armada di maskapai Air Caledonie International (ACI).

Tetapi menurut Manajer Umum ACI Didier Tappero, “bau kaus kaki basah” terus dicium oleh awak kabin selama proses lepas landas dan mendarat.

Dilansir AFP via Straits Times Jumat (15/11/2019), investigasi pun dilakukan dengan dugaan bau itu berasal dari minyak yang berasap.

ACI menerangkan, berdasarkan laporan Airbus, terindikasi kualitas udara di kabin jauh di bawah level beracun, dan sesuai standar internasional.

Tetapi untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut, maskapai menyatakan sudah mengambil sampel darah dari kru kabin yang telah mencium baunya.

Karena itu sebagai konsekuensinya, Airbus A-330neo, satu dari dua pesawat yang dipunyai ACI, bakal dikandangkan, dan dibawa ke pabriknya di Toulouse, Prancis.

Juru bicara Airbus Sean Lee mengatakan, saat ini pihaknya tengah mencari solusi terkait bau di kabin pesawat jenis baru tersebut.

Selain di Caledonia Baru, masalah serupa juga dilaporkan terjadi di Portugal serta Senegal.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close