Lintas Daerah

Basarnas Sebar Anggotanya di Kawasan Pantai

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Kantor Pencasian dan Penyelamatan (Basarnas) Yoykarta menyebarkan anggotanya di kawasan-kawasan objek wisata khusunya pantai di DIY yang banyak dikunjungi wisatawan,

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Yogyajarta, Selasa Supriono di Yogyakarta, mengatakan personel rescuer disebar di kawasan pantai yang ada di Kabupaten Gunungkidul, Bantul, dan Kulonpogo.

Penempatan personel rescuer ini, ujarnya, dalam rangka siaga pengamanan di tempat-tempat rekreasi di pantai selatan.

“Total personel SAR yang disiagakan dan turun lapangan pada masa libur lebaran tahun ini sebanyak 50 personel,” ujarnya.

Selain tempat rekreasi, personel juga masih berjaga-jaga di Posko Pengamanan Lebaran bersama anggota TNI, Polri, Dinas Perhubungan serta instansi terkait lainya.

“Dengan luasnya wilayah kerja kami yang meliputi lima kabupaten/kota, sebenarnya personel kami masih kurang. Yang ada ini kami optimalkan dan mereka wajib siaga setiap saat ketika dibutuhkan,” kata Supriono.

Untuk itu, lanjut Supriono, pantai menjadi fokus siaga dan pengamanan. Hal ini dilakukan untuk memberi rasa nyaman bagi masyarakat yang sedang menikmati masa liburan.

Ia menambahkan, personel resscuer di Kulonprogo dilengkapi dengan satu unit Rigit Inflatable Boat (RIB) ukuran sembilan meter.

Sejauh ini, katanya, belum ada kejadian menonjol. Cuaca di wilayah DIY dan sekitarnya terpantau cukup bersahabat.

Meskipun demikian, Supriono berharap masyarakat tetap berhati-hati dalam mengisi waktu liburan. Masyarakat harus waspada dalam kondisi apa pun. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close