Hot Isu

Basarnas Hentikan Operasi Pencarian Korban Lion Air, Posko di JICT Dibongkar

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Posko-posko yang didirikan di Dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok mulai dibongkar setelah Badan SAR Nasional (Basarnas) menghentikan pencarian korban pesawat Lion Air penerbangan JT 610 Sabtu (10/11/2018).

“Setelah Kabasarnas menyatakan ditutup, secara otomatis posko yang ada di JICT ini segera dibongkar dan semuanya akan di-clear-kan dan kembali ke kantor masing-masing,” kata Kepala Bagian Humas Basarnas Suhri Sinaga.

Puluhan petugas Basarnas berseragam oranye tampak mengeluarkan barang-barang dari empat tenda yang didirikan oleh Basarnas.

Barang-barang yang dikeluarkan antara lain papan tulis, perlengkapan menyelam, serta sejumlah barang elektronik. Barang-barang itu diangkut ke dalam sejumlah truk milik Basarnas.

Posko-posko yang didirikan oleh instansi lainnya juga mulai dirapikan, misalnya posko milik kepolisian yang bangku-bangkunya sudah disusun rapi dan siap diangkut.

Selama 13 hari pencarian korban jatuhnya pesawat Lion Air, sedikitnya ada sebelas tenda yang didirikan berbagai instansi, seperti kepolisian, TNI, hingga komunitas-komunitas relawan.

Tenda-tenda itu mempunyai fungsinya masing-masing mulai dari posko informasi, mushala, hingga dijadikan tempat awak media berteduh. Namun, beberapa posko itu sudah mulai dibongkar sejak Rabu (7/11/2018) lalu ketika Basarnas mengambilalih operasi pencarian.

Diberitakan sebelumnya, Basarnas menyudahi operasi pencarian korban jatuhnya pesawat Lion Air setelah 13 hari pencarian sejak Senin (29/10/2018) lalu.

Selama 13 hari pencarian, Basarnas menyerahkan total 196 kantong jenazah berisi bagian tubuh korban kepada RS Polri. Pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang jatuh di Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018) pagi. Pesawat itu mengangkut 181 penumpang dan 8 awak. Semua penumpang dan awak diduga tewas dalam kecelakaan itu.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close